HUKUM ORANG YANG TIDAK MELIHAT TANDA ARAH KA’BAH Posted on February 28, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Barangsiapa yang tidak melihat tanda – tanda arah Kiblat disebabkan ada mendung atau lena gelap ( atau disebabkan karena apa saja ). Maka wajib baginya bertanya kepada orang yang lebih tahu yang dapat menunjukkan arah Kiblat. Tetapi apabila tidak menemukan orang yang dapat menunjukkan arah Kiblat, maka hendaknya berijtihad sendiri untuk menentukan arah Kiblat, kemudian kerjakanlah shalat dengan menghadap ke arah hasil ijtihadnya, dan shalatnya tetap syah, tidak wajib mengulangi shalatnya kalau ternyata memang salah setelah selesai shalat. Kalau ternyata salah ketika ditengah – tengah shalat, maka putarlah ke arah Kiblat yang betul dan jangan menghentikan shalatnya.
Kalau anda berijtihad untuk menetapkan arah Kiblat dan kemudian mengerjakan shalat kearah yang telah diyakini bahwa itu adalah arah Kiblat, tiba-tiba ada orang yang memberi tahu arah Kiblat yang sebenarnya, maka putarlah kearah yang diberitahukan itu, dan shalat anda tidak batal dengan sebab perpindahan dan pergerakan ini. Demikian ini sebagaimana terdapat dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra dia berkata, ( Artinya ) : ” Diwaktu orang mengerjakan shalat Subuh di Quba, tiba-tiba saja datang seseorang yang memberitahukan : bahwa Nabi SAW telah diperintahkan agar menghadap Ka’bah hadapkanlah ke arah Ka’bah. Padahal mereka pada waktu itu menghadap ke arah negeri Syam. Kemudian berputar ke arah Ka’bah. ” ( HR : Bukhari dan Muslim ) .
Kalau seandainya tidak diketahui arah Ka’bah karena jauhnya jarak maka berijtihadlah pada setiap kali hendak shalat. Apabila ijtihad yang pertama berubah, berijtihadlah untuk yang kedua kali dan tidak perlu mengulangi shalat yang pertama.
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : BUKU PINTAR RUKUN ISLAM. Oleh : Nur Kholish Majid *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA