ARTI SEBUAH KEPEMIMPINAN Posted on February 23, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Ketika Umar Ibnu Khattab kembali dari kunjungan ke Negeri Syam menuju Madinah. Ia memisahkan diri dari rombongan untuk mengetahui keadaan rakyatnya dan mencari masukan tentang dirinya. Disuatu tempat ia menjumpai seorang nenek yang sedang berada dalam rumahnya.
Umar kemudian bertanya kepada nenek itu : ” Apa pendapatmu tentang Umar? ” Nenek itu menjawab : ” Semoga Allah tidak membalasnya dengan kebaikan . ”
” Memangnya ada apa dengan sikap Umar nek? ” tanya Umar kepada nenek itu. Nenek itu berkata : ” , Semenjak mejadi Khalifah, ia tidak memperhatikanku, tidak pernah memberiku satu dinarpun bahkan tidak pula satu dirham. ”
Umar bertanya lagi : ” Apakah Umar tidak mengetahui keadaanmu?”
Nenek itu berkata : ” Aku tidak menyangka , Umar yang diberi tanggung jawab untuk mengurus rakyatnya, tidak mengetahui kondisi rakyatnya yang ada di Timur dan di Barat. ”
Mendengar ucapan nenek itu Umar pun menangis dan ia berkata : ” Panjang umur engkau wahai Umar, semua orang sampai nenek-nenek sekalipun memberikan pelajaran kepadamu. ”
Akhirnya Umar Ibnu Khattab memberikan uang sebesar duapuluh lima dinar kepada nenek itu sebagai balasan atas ketidak pedulian dirinya.
Kemudian Umar menyobek tambalan bajunya, lalu menulis kata-kata diatasnya : ” Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Kain ini menjadi bukti bahwa Umar telah membeli kedzalimannya dari seorang nenek ketika menjabat sebagai Khalifah, dengan uang sejumlah duapuluh lima dinar. Maka , Umar berlepas diri dari apa yang dituntutkan kepadanya nanti di Padang Mahsyar dan dihadapan Allah SWT. ”
Kemudian Umar menyerahkan kain itu kepada anaknya sambil berkata : ” Apabila saya nanti meninggal dunia, jadikan kain ini sebagai salah satu kain kafanku. Aku akan bertemu dengan Tuhanku dengan membawa bukti kain ini!.
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : KISAH PENGHIBUR HATI . Oleh : Sarwanto Adhi Soewarno *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA