TANDA-TANDA BERAKHIRNYA KEHIDUPAN Posted on January 23, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Ada beberapa tanda bahwa kehidupan seseorang manusia telah berakhir. Mari kita sebutkan satu persatu.
Pertama : Pelipis mengendur
Kedua : Hilangnya warna hitam dimata,khususnya pada orang dewasa.
Ketiga : Hidung tidak lurus
Keempat : Telapak tangan seperti terlepas
Kelima : Betis satu dengan yang lainnya menempel, selanjutnya kaki menjadi lemas yang sebelum itu keras saat ruh keluar dari jasad.
Keenam : Kulit muka memanjang
Ketujuh : Berubahnya bau badan. Jika ditambahkan dengan tanda-tanda kematian secara medis, maka tanda kematian yang paling jelas adalah terhentinya 3(tiga) sistem penunjang tubuh, yaitu :
1. Susunan saraf pusat
2. Kardiovaskuler ( jantung dan pembuluh darah )
3. Sistem pernapasan.
Adapun tanda – tanda tampak yang pasti terjadi pada seseorang, yang menandakan bahwa seseorang itu benar – benar telah mati itu ditengarai dengan lebam mayat. Lebam mayat ( Livor mortis ) terjadi karena setelah seseorang mati secara somatis, eritrosis ( sel darah merah ) akan menempati tempat terbawah akibat gaya gravitasi. Ia akan mengisi vena dan venula, membentuk bercak merah-merah ungu ( Livide ) pada bagian tubuh yang tertekan alas keras. 20-30 menit Pasca mati, lebam ini sudah terlihat.
Selain itu ada juga kaku mayat ( Rigor mortis ). Kelenturan otot pada saat jasad masih hidup disebabkan karena adanya
pemecahan glikogen pada sel otot yang menghasilkan energi. Energi digunakan untuk mengubah ADP menjadi ATP. Selama masih ada ATP, serabut aktin dan miosin yang terdapat pada otot masih lentur. Ketika tidak terdapat pemecahan glikogen, dan cadangan glikogen pada otot telah habis ( Karena kematian somatis tadi ) maka energi tidak akan terbentuk, dan akan serta miosin akan menggumpal, oleh karenanya, otot menjadi kaku.
Penurunan suhu tubuh ( Algor mortis ) juga menjadi tanda yang pasti muncul dari kematian somatis. Penurunan suhu ini muncul karena terjadi pemindahan suhu dari tubuh mayat kelingkungan yang lebih dingin.
Selain itu, juga ada tanda pasti berupa pembusukan ( Decompotion, putrefaction ) terbentuknya lilin mayat seperti mummmifikasi, atau dehidrasi jaringan yang cepat. Akan tetapi, ketika hal terakhir ini, biasanya muncul ketika mayat sudah berumur berhari-hari. Kalau begitu meninggal segera diurus dan dikafani, biasanya kita tidak akan sempat melihat proses – proses tersebut terjadi.
Saya akhiri tulisan religius ini, terima kasih atas segala perhatian. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan, jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : INDAHNYA MATI. Oleh : Dr. MUH. MU’INUDINILLAH BASRI, LC. MA. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA