SUASANA HARI KIAMAT Posted on January 26, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Seperti apa suasana hari Kiamat? Yang jelas, keadaan saat itu sungguh sangat kacau. Seperti telah kita bahas sebelumnya, ketika malaikat Israfil meniup Sangkakala, pada tiupan pertama yang sangat memekakkan telinga maka semua manusia kaget. Orang – orang merasa sangat panik dan bingung.Saking bingungnya, mereka sampai digambarkan tidak mampu mengenali siapapun termasuk anaknya sendiri. Seperti apa yang digambarkan Al-Qur’an :
” ( Ingatlah ) pada hari ketika kamu melihatnya ( goncangan itu ), semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak disusuinya, dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya,dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah itu sangat keras. ” ( QS : Al – Hajj : 2 ).
Demikian juga Allah berfirman dalam surat ‘Abasa ayat 33-37.
( Artinya ) : ” Dan apabila datang suara yang memekakkan pada hari ketika manusia lari dari saudaranya, dari ibu dan bapaknya , dari istri dan anak – anaknya , setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang cukup menyibukkannya. ” ( QS : Abasa : 33-37 ).
Bayangkan , betapa dahsyatnya peristiwa itu! Sampai – sampai man yang lari dari saudara – saudaranya, dari ibu dan bapaknya , dari istri dan anak – anaknya, kemudian tiupan kedua maka bumi mendadak bergoncang – goncang, perut bumi mengeluarkan isinya , gunung – gunung seperti bulu-bulu yang berhamburan , bintang-bintang berjatuhan, matahari digulung, orang – orang seperti anai-anai yang bertaburan.
Kalau kita membaca Al Qur’an , kita bisa mendapatkan gambaran tentang dahsyatnya hari Kiamat itu. Misalnya, pada surat Al Qari’ah : ” Hari Kiamat. Apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah Hari Kiamat itu? Pada saat itu, manusia seperti anai-anai yang bertebaran. Dan gunung – gunung seperti bulu – bulu yang dihamburkan.” ( QS : Al Qari’ah : 1-5 ).
Kemudian didalam surat at-Takwir juga dijelaskan : ( Artinya ) Apabila matahari digulung, dan apabila bintang – bintang berjatuhan dan apabila gunung – gunung dihancurkan, dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan, dan apabila binatang – binatang liar dikumpulkan , dan apabila laut dipanaskan. ” ( QS : at-Takwir : 1-6. )
Demikian juga dalam ayat -ayat Allah yang lain : ( Artinya ) : ” Maka apabila Sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlah bumi dan gunung – gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur. Maka pada hari itu terjadilah hari Kiamat, dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah. ” ( QS : Al – Haqqah: 13 -16 ).
Kemudian perhatikan surat Al Zalzalah, ( Artinya ) : ” Apabila bumi digoncangkan dengan goncangannya ( yang dahsyat ), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat ( yang dikandung ) nya, dan manusia bertanya : ” Mengapa bumi ( jadi begini )? “. Pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan ( yang sedemikian itu ) kepadanya. Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka ( balasan ) pekerjaan mereka. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarahpun, niscaya dia akan melihat ( balasannya ) nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarahpun, niscaya dia akan melihat ( balasannya ) pula. ” ( QS : Al-Zalzalah : 1-8 ) .
Pendek kata , pada saat terjadinya hari Kiamat, manusia melihat kengerian-kengerian yang sangat dahsyat. Kengerian itu membuat mereka panik, dan bahkan lupa dengan segala sesuatu yang selama hidupnya menjadi kegemarannya, lupa pada sesuatu yang menjadi kehormatannya, sumber kemuliaan dan seterusnya…
Saya akhiri tulisan religius ini, terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : INDAHNYA MATI. Oleh : Dr. Muh. Mu’inudinillah Basri, Lc.MA. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website: Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA