APAKAH ADA ORANG YANG TERHINDAR DARI DAHSYAT NYA SAKARATUL MAUT ? Posted on January 24, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma Shali wasalim sayyidina Muhammad. Melihat betapa dahsyatnya sakaratul maut ( Yang Nabi saja merasakannya ) mungkin anda bertanya , adakah jalan agar kita bisa terhindar dari sakaratul maut? Apakah ada orang yang tidak mengalami sakaratul maut? Apakah ada jalan itu? Bagaimana cara menggapainya?
Jawabnya : Ada! Ya, memang ada segolongan umat Islam yang tidak merasakan sakaratul maut, yaitu orang yang syahid. Orang yang meninggal saat berjihad fii sabilillah. Rasa sakit ketika sakaratul maut tidak dialami oleh orang yang mati syahid, karena orang yang mati syahid rasanya hanya seperti cubitan, atau gigitan semut. Dalam Hadist dikatakan : Dari Abu Hurairah bersabda : ” Seorang syahid tidak mendapatkan rasa sakit ketika terbunuh, kecuali seorang kalian merasakan cubitan “. ( HR : Ahmad, Turmidzi, dan Ibnu Hibban, Turmidzi mengatakan Hadist Hasan. )
Bahkan orang yang mati syahid ini juga tidak merasakan berbagai tahapan setelah kematian seperti yang dirasakan oleh ruh-ruh yang meninggal bukan karena syahid. Syahid mendapatkan berbagai kemuliaan, diampuni dosa-dosanya sebelum darah menetes kebumi. Ya, seperti kita bahas sebelum ini, orang yang syahid itu sesungguhnya tidak mati, mereka tetap hidup didalam syurga.
Akan tetapi, tentu saja kesyahidan itu tidak mudah mendapatkannya. Karena para Sahabat serta kaum terdahulu yang shaleh pun ternyata tak semua mendapatkan kesyahidan. Bahkan Khalid bin Walid, panglima perang kaum muslimin yang melanglang buana dari perang keperang, ternyata justru menemui ajal ditempat tidur karena sakit. Walaupun insya Allah beliau mendapatkan pahala syahid karena konsisten beliau sebagaimana dalam Hadist riwayat Imam Muslim, ” Siapa yang meminta syahadah dengan jujur, Allah menyampaikan mereka ke posisi syuhada walaupun mati diatas kasurnya. ” ( HR : Muslim ).
Saya akhiri tulisan religius ini, terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : INDAHNYA MATI. Oleh : Dr. Muh. Mu’inudinillah Basri, Lc. MA. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA