SUJUD SAHWI

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta hanya kepada-Nya kita memohon ampunan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena lupa membaca salah satu bacaan atau lupa mengerjakan salah satu gerakan yang diwajibkan dalam shalat.
. Sujud sahwi hanya dilakukan apabila seseorang lupa, bukan dengan sengaja meninggalkan salah satu amalan shalat. Orang yang dengan sengaja meninggalkan suatu  amalan dalam shalat tidak boleh melakukan sujud sahwi.
Menurut ulama Mazhab Hanafi, sujud sahwi hukumnya wajib , sedangkan Mazhab yang lain berpendapat hukumnya sunah.
   Sujud sahwi dilakukan apabila:
1.   Ketinggalan /lupa membaca tasyahud awal
2.   Kelebihan rakaat, rukuk , atau sujud.
3.   Ragu bilangan rakaat yang telah dikerjakan. Orang yang ragu-ragu seperti ini hendaknya mengambil bilangan yang lebih sedikit dan menambah rakaat shalatnya. Misalnya, ia ragu jumlah rakaatnya dua atau tiga, maka hendaknya ia mengambil bilangan dua dan menambahnya, kemudian sujud sahwi.
4.   Kurang rakaat shalat karena lupa.
5.    Ketinggalan /lupa tidak membaca qunut pada shalat subuh ( bagi yang berpendapat bahwa qunut hukumnya sunah ).
    Sujud sahwi dilaksanakan setelah selesai membaca tasyahud akhir dan sebelum salam ( antara tasyahud akhir dan salam  ).
Bacaan sujud sahwi  adalah :  " Subhaana man layanaamu walaa yashu  " . ( Maha suci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa  ).
   Perbedaan sujud sahwi dengan sujud biasa. Sujud sahwi dikerjakan dua kali, sama dengan sujud biasa. Bedanya , sujud sahwi hukumnya sunah, sedangkan sujud biasa hukumnya wajib karena merupakan salah satu rukun shalat.
    Saudaraku , sidang pembaca  yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : ISLAM AGAMAKU. Oleh : TIM PENYUSUN FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA JOGJAKARTA *
             ***
*Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan aku :Www.hajisunaryo.com *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com  *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA