WAKTU – WAKTU YANG DIHARAMKAN BERPUASA

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta hanya kepada-Nya kita memohon ampunan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Umat islam diperbolehkan melakukan puasa kapan saja dia menghendakinya, kecuali pada hari-hari dimana Rasulullah SAW mengharamkan puasa. Hari - hari yang diharamkan berpuasa sebagai berikut :
1.   Dua Hari Raya, yaitu hari raya Idhul Fitri dan hari raya Idhul Adha. Hari Raya Idhul Fitri  jatuh pada 1 Syawal dan hari raya Adha pada 10 Dzulhijjah. Hadist Nabi SAW, dari Abu Hurairah : ( Artinya  )  : "  Rasulullah SAW melarang Puasa pada dua hari raya, yaitu hari raya Adha dan hari raya Fitri. " ( HR:Muslim ).
2.    Tiga Hari Tasyrik yaitu tanggal 11 , 12 , dan  13 Dzulhijjah. Dari Nubaisyah Al Huzail ia berkata , Rasulullah SAW bersabda : " Hari - hari Tasyrik itu adalah hari - hari makan dan minum serta menyebut ( mengagungkan  ) Allah Azza Wa Jalla. " ( HR  : Muslim  ) .
    Nabi Muhammad SAW juga bersabda : ( Artinya  )  : "  Dari Anas , bahwasanya Nabi SAW telah melarang berpuasa pada lima hari dalam satu tahun, yaitu Hari Raya Idhul Fitri, Hari Raya Idhul Adha, dan 3 (tiga ) hari Tasyrik (tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah )."  ( HR  : Darutqutni  ).
   Larangan melakukan puasa tersebut merupakan hak Allah yang harus ditaati oleh orang beriman. Karena setiap perintah maupun larangan Allah pasti mempunyai rahasia dan manfaat bagi manusia.
   Rasulullah SAW bersabda : ( Artinya  )  : "  Bahwasanya Tuhanmu mempunyai hak atasmu, yang wajib engkau bayar. Begitu pula keluargamu dan dirimu, semua mempunyai hak yang wajib engkau bayar. Maka dari itu, hendaklah engkau berpuasa sewaktu - waktu dan berbuka sewaktu - waktu. Berjaga malam sewaktu - waktu , dan tidur diwaktu yang lain. Dekatilah ahlimu dan berikanlah hak mereka satu persatu.  "  ( HR  : Bukhari  ) .
3.    Pada hari Syak yaitu 30 Sya'ban yang tiada terlihat malamnya hilal Ramadhan.
Selain waktu - waktu yang diharamkan berpuasa diatas, orang Islam juga dilarang  ( makruh ) berpuasa pada hari jum'at, kecuali beberapa hari sebelumnya memang sudah berpuasa. Hal ini berdasarkan Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra, yang isinya melarang orang berpuasa pada hari jum'at, kecuali telah berpuasa sehari sebelum atau sesudahnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : ISLAM AGAMAKU. Oleh : TIM PENYUSUN FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA JOGJAKARTA. *
           ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
           ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
           ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA