BETAPA AGUNG DAN INDAHNYA ISLAM

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta hanya kepada-Nya kita memohon ampunan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Islam adalah Rahmatan lil ‘alamin ( Rahmat bagi seluruh semesta ) , karena itu, ia tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, atau manusia dengan sesamanya saja. Agama Islam Mengatur Segalanya : Dari tata cara beribadah ( hubungan manusia dengan Tuhan ) sampai bagaimana cara memperlakukan alam sekitar ( hubungan manusia dengan makhluk lain ), termasuk bagaimana Memperlakukan Binatang.
Ada satu contoh perilaku yang mencerminkan betapa Agung dan indahnya Islam itu.
Alkisah, seorang sufi termashur di India bernama Maulana Ali Thanawi hendak mengambil Wudhu. Namun setiap kali mau menyiramkan air ia urungkan, lalu pindah ketempat lain. Pada tempat ketiga barulah ia berwudhu. Muridnya yang heran bertanya mengapa ia berbuat begitu. Pembaca , tahu apa jawabannya ? Ternyata sang Sufi ( Maulana Ali Thanawi ) melihat ada semut – semut ditempat ia hendak berwudhu, ia tidak jadi berwudhu karena khawatir semut – semut itu akan menderita. Subhanallah! Lihatlah, betapa agung dan indahnya ajaran Islam. mengatur hubungan manusia dengan binatang sekalipun.
Allah SWT menciptakan hewan. Dan sebagian dari jenis hewan – hewan ciptaan Allah itu memang disediakan sebagai makanan manusia, seperti ayam , kambing , sapi dan lain – lainnya. Seperti dikatakan diatas , bahwa Islam mengatur hubungan manusia dengan binatang sekalipun. Bahkan Islam mengatur bagaimana menyembelih binatang. Sebagai insan beriman , seyogyanya kita mempelajari dan memahami tentang bagaimana menyembelih binatang menurut ajaran agama Islam. Bukankah kita tidak ingin daging lezat dari ayam atau kambing yang disembelih dengan cara yang salah menjadi mubazir karena haram bukan?
Setelah kita mengetahui dan memahami arti syah dari menyembelih hewan menurut tuntunan Islam. Tentunya kita akan ekstra berhati – hati dalam membeli daging untuk menjadi santapan lezat kita.
Sidang pembaca, tentu sering memakan sesuatu yang tidak diketahui proses pembuatannya secara pasti. Kita juga tentu pernah memakan daging ( ayam , kambing ,kerbau atau sapi ) yang tidak kita ketahui proses penyembelihannya. Ya! Pernahkah kita membayangkan bagaimana ayam-ayam yang bergelantungan digerobak nasi goreng itu disembelih? Apakah kita juga pernah merenungkan tentang daging sapi dan kambing yang dijual dipasar-pasar, bagaimana sapi dan kambing itu disembelih? Tahukah
sidang pembaca , bahwa kambing atau ayam milik sendiripun bisa menjadi haram dagingnya kalau tidak benar cara menyembelihnya?
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku :ISLAM AGAMAKU. Oleh :TIM PENYUSUN FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA JOGJAKARTA. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA