ALLAH MENYAYANGI ORANG BERLAKU JUJUR

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, sesungguhnya lah saya dapat menulis ( menyusun  )  artikel religius, berjudul sesuai tersebut diatas pada hakikatnya semata-mata adalah karena izin Allah SWT. Sebagai insan beriman, saya yakin , haqul yakin tanpa izin, tanpa perkenan, tanpa kehendak-Nya saya tidak akan pernah bisa menulis seperti ini. Oleh karena itu, tidak berkelebihan kiranya kalau sekali lagi saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Illahi Rabbi, Tuhan Seru Sekalian Alam. Dia pencipta langit dan bumi, Dia penguasa tunggal di Hari Pembalasan Nanti, Dia itu Maha Dzat yaitu Allah SWT. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Rasulullah SAW menyuruh kita memperhatikan kejujuran, karena didalam kejujuran terdapat keselamatan. Rasulullah adalah orang yang memiliki sifat jujur yang tidak ada bandingannya.
Sejak kecil beliau sudah berani mengatakan dengan sejujurnya dan yakin sepenuhnya terhadap apa yang dikatakannya.
    Suatu ketika, pada waktu dia masih kecil, ia pernah disuruh bersumpah dengan nama Lata dan Uzza, maka ia berkata : " Jangan anda suruh aku dengan nama itu.  Demi Allah tidak ada sesuatu yang paling aku benci, seperti kebencianku terhadap kedua nama itu. "
    Ketika beliau diangkat menjadi Rasul, untuk pertama kalinya beliau berdiri diatas bukit Shafa untuk mengajak sanak Keluarganya memeluk agama Islam, maka beliau berkata : "   Bagaimana pendapat kalian kalau aku khabarkan, bahwa dari kaki gunung ini akan keluar seekor kuda, apakah kalian akan membenarkan aku ? "
"  Kami belum pernah melihat engkau berdusta . " jawab mereka. Nabi berkata pula  : "  Sesungguhnya aku adalah seorang yang memberi peringatan kepadamu dalam menghadapi suatu siksa yang  dahsyat.  "
    Suatu pagi ketika Rasulullah SAW sedang duduk termenung, datang Abu Lahab dan berkata : "  Hai Muhammad, apa yang sedang engkau pikirkan?  "  Nabi menjawab  : "   Semalam aku melakukan isra' mi'raj, melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Asqsha, lalu aku ke Sidratul Muntaha."  Mendengar jawaban Rasulullah, Abu Lahab mengejek dan mengatakan   bahwa Rasulullah telah berdusta . Kemudian Abu Lahab mengumpulkan masyarakat Mekkah , dengan maksud untuk menunjukkan kebohongan Nabi dihadapan orang banyak. Dengan berkumpulnya orang banyak, Rasulullah merasa senang , karena dapat menceritakan yang sejujurnya tentang peristiwa Isra' Mi'raj yang baru saja beliau alami.
   Suatu saat karena letihnya, Rasulullah tertidur di bawah sebatang pohon. Tiba-tiba datang seorang musuh, bernama Da'sur membangunkan dengan pedang terhunus, sambil berkata :  "  Hai Muhammad , sekarang siapa yang akan menolongmu dari pedangku ini ? "  Dengan jujur dan tenang Rasulullah menjawab :  " Allah Yang Maha Kuasa.  "   Mendengar jawaban Rasulullah ,  Da'sur gemetar dan pedang ditangannya terlepas.
   Demikianlah  beberapa contoh dari kejujuran Rasulullah. Kita hendaklah meneladani kejujuran yang telah dilakukan Rasulullah. Dalam kehidupan sehari - hari baik dirumah, disekolah  ( dikampus ) , dikantor  , dan dimasyarakat kejujuran harus dibiasakan. Allah SWT menyayangi orang berlaku jujur.
    Saudaraku,  sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : AQIDAH AKHLAK. Oleh : Drs Masan Alfat dan Drs Abdul Rosyid *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA