RUKUN ISLAM

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan (artikel) religius berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rasul paling Agung, yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
      Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Rukun Islam ada lima , yaitu  :
1.    Mengucapkan dua kalimat syahadat, yaitu :  ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLLAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH.
( Artinya )  :  "  Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi pula bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah.  "
    Seseorang sudah dapat dikatakan Muslim jika sudah mengikrarkan kesaksian keberadaan Allah. Namun demikian, kesaksian itu tentu saja bersyarat. Yakni bahwa ucapan dua kalimat syahadat itu harus juga didasarkan pada hati yang ikhlas bukan hanya diikrarkan dengan lidah, tetapi harus disertai dengan keyakinan didalam hati, selanjutnya syahadat itu pun mesti juga diwujudkan dalam perbuatan kita sehari - hari. Dua kalimat syahadat adalah pijakan awal dan pendukung utama keempat rukun Islam yang lainnya. Tanpa syahadat, rukun - rukun Islam yang lain tidak mempunyai arti apa - apa.
2.   Mengerjakan shalat. Kewajiban pertama yang harus dikerjakan adalah shalat. Secara harfi, istilah shalat berasal dari kata shalla yang artinya berdoa. Shalat itu sendiri adalah suatu ibadah yang terdiri atas beberapa perkataan dan perbuatan, yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam, disertai dengan syarat - syarat yang telah ditetapkan.
3.   Mengeluarkan Zakat. Kewajiban zakat ini dikenakan, atas mereka yang mempunyai harta yang lebih dan sudah sampai nisabnya, yaitu sepanjang masa tertentu. Barang - barang yang terkena kewajiban zakat adalah harta perdagangan, hasil pertanian , hasil peternakan, dan hasil pertambangan. Zakat ini penting artinya untuk membangun stabilitas sosial dan mencegah terjadinya kejahatan, karena dengan zakat orang yang tidak mampu mencukupi kebutuhan hidupnya bisa dibantu oleh mereka yang memiliki kelebihan harta.
4.   Melaksanakan shiyam ( puasa  ) disepanjang bulan Ramadhan.
Shiyam diartikan sebagai menahan diri dari makan, minum , dan  berhubungan seksual sejak fajar hingga terbenamnya matahari. Secara lebih khusus, shiyam dibulan Ramadhan adalah sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berusaha sekuatnya menghindarkan diri dari  segala perbuatan tercela yang biasa kita lakukan dihari-hari lain.
5.   Menunaikan ibadah Haji di Mekkah bagi mereka yang mampu.
Haji sebenarnya diwajibkan atas seorang Muslim atau Muslimah dewasa yang memenuhi syarat - syarat ( 1 )  memiliki uang yang cukup untuk berpergian ( berangkat dan pulang  ) ke Mekkah, dan dapat membekali keluarganya selama ia pergi. ( 2 )  berbadan dan berjiwa sehat. ( 3 )  tidak mempunyai halangan.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
*  Bahan-bahan ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : TUNTUNAN SHALAT LENGKAP. DZIKIR DAN WIRID. Oleh : Ust Amir Rudin A.E *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA