NABI YAKUB AS DAN RAJA SALJAM

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Bimbingan-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Nabi Yakub As adalah putra Nabi Ishak as. Beliau diutus Allah untuk memimpin umat manusia di Negeri Kan'an. Nabi Yakub tinggal di Desa Nabulis. Beliau adalah seorang petani ( bercocok tanam dan berternak ). Nabi Yakub As mempunyai empat orang istri dan 12 orang putra laki-laki.
   Pada masa itu yang berkuasa di Negeri Kan'an adalah Raja Saljam. Ketika Raja memasuki daerah Nabi Yakub As, raja sangat tercengang karena tidak mengenal Nabi Yakub As.
    Dengan sombong raja berkata  :  "  Siapakah yang mengizinkan kalian tinggal disini ?  "
Nabi Yakub As menjawab  :  "  Saya Yakub putra Ishak putra Ibrahim. Aku tinggal disini dengan izin Allah SWT. Sesungguhnya aku ini utusan Allah yang akan mengajak kamu masuk agama Allah. Aku mempercayai tidak ada Tuhan selain Allah. Allah yang menciptakan kita. Hendaklah engkau mengakui bahwa aku ini adalah hamba Allah yang menjadi Rasul ( Utusan Allah  ). Jika engkau tidak kabulkan seruanku ini,niscaya engkau akan aku perangi.  "
   Raja Saljam menjadi marah dan berkata  : "  Dengan apa engkau akan melawan aku ? Bukankah engkau tidak mempunyai tentara seorang pun juga?  "
Nabi Yakub As menjawab  : " Aku memerangi engkau dengan Allah dan Malaikat-Nya dan putra - putraku yang banyak ini. "  Raja bertambah marah dan tidak mau mengikuti Agama Allah ( Islam ).
   Atas izin  Allah Benteng pertahanan Raja Saljam dapat dirobohkan. Nabi Yakub As bersama putra - putranya berhasil mengalahkan Raja Saljam. Harta bendanya dijadikan harta rampasan perang. Setelah mengalahkan Raja Saljam , Nabi Yakub As hijrah ke Palestina. Nabi Yakub As dan keluarganya melakukan perjalanan malam hari dan beristirahat pada siang hari. Karena sering mengadakan perjalanan malam hari, keluarga Yakub juga terkenal dengan nama Bani Israil. Bani Israil artinya suka berjalan pada waktu malam hari.
     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Oleh  : TIM BINA KARYA GURU. Dra Siti Nurani Hayati dkk ) . *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA