HARAM BERSETUBUH SIANG HARI PADA BULAN RAMADHAN ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta memohon ampunan-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Aisyah ra, istri Muhammad SAW menceritakan, bahwa seorang lelaki datang kepada Rasulullah SAW. Ketika beliau sedang berada didalam Masjid pada bulan Ramadhan.
     " Ya Rasulullah, celaka aku , celaka aku . " ucap lelaki itu.
Beliau menanyakan penyebabnya.
     " Aku telah menyetubuhi istriku siang hari pada bulan Ramadhan. "
Rasulullah bersabda :  " Bersedekahlah " .
     "  Ya Nabiyullah, aku tidak punya apa-apa. Karena itu aku tidak sanggup melaksanakannya ".
     "  Tunggulah disini sebentar,  " pinta Rasulullah SAW. Sementara dia duduk menunggu, datanglah seorang laki-laki menggiring seekor keledai membawa makanan. Lalu menghadiahkannya kepada Rasulullah SAW.
Rasulullah SAW bertanya : " Mana orang yang mendapat celaka tadi ? .  ".  Berdirilah orang itu , lalu Rasulullah SAW bersabda
: "Bersedekahlah dengan ini. "
    " Ya Rasulullah, tentu harus aku sedekahkan kepada orang yang lebih miskin dari kami. Demi Allah , sesungguhnya kami lapar, sedangkan kami  tidak punya apa-apa. "
    " Lalu Rasulullah SAW bersabda : "  Kalau begitu, boleh kamu makan. "
    Sidang pembaca , kedua Hadist tersebut menyiratkan beberapa hal yang patut kita jadikan pelajaran.
1.   Betapa lemah - lembut sikap Muhammad Rasulullah SAW dalam menghadapi orang yang telah menyesali perbuatan dosanya.
2.   Betapa pemurah Muhammad Rasulullah SAW terhadap orang
yang tidak mampu sehingga beliau menyerahkan hadiah yang diterimanya dari orang lain untuk menebus dosa umatnya. Padahal beliau sendiri seperti yang
kita baca dalam  kisah - kisah hidupnya selalu dalam keadaan kurang tercukupi kebutuhannya. Bahkan beliau sering kelaparan sehingga harus mengganjal perutnya dengan kerikil. Yang patut direnungkan, ketika kita bisa makan - minum enak, dan ber penampilan wah, mengapa tak terlintas keinginan untuk menolong sesama dari golongan ekonomi bawah ?
3.   Yang dimaksud dengan sedekah itu memang memberikan sesuatu untuk orang yang lebih tidak mampu dari kita. Hal ini perlu ditegaskan disini sebab pengertian sedekah dalam masyarakat kita sudah sedikit bergeser. Misalnya memberikan komisi pada seseorang yang telah melancarkan pelaksanaan proyeknya, dikatakan sedekah. Padahal itu bukan sedekah melainkan 'fee'  atau uang jasa. Dengan kata lain , meskipun sudah mengeluarkan uang komisi, namun kita tetap saja harus bersedekah.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan
sayayang lain . Waafwaminkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : PETUAH-PETUAH RASULULLAH. Jilid 5. MASALAH SEPUTAR ZAKAT &  PUASA . Oleh : Syamsul Rijal Hamid , *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *   
             ***

Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             *** 
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA