APA SAJA PUASA - PUASA SUNNAH ITU ?

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta memohon ampunan-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rasul paling Agung, yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Ada puasa wajib, dan ada puasa sunnah. Puasa wajib, yaitu puasa sebulan penuh pada bulan Ramadhan. Ada juga puasa wajib , karena bernazar. Misalnya ,  seseorang bernazar apabila diterima kuliah di Universitas Negeri, maka ia akan puasa selama  tiga hari. Setelah ternyata ia diterima , maka ia harus melaksanakan nazarnya, yaitu berpuasa selama tiga hari. Dan puasanya itu menjadi wajib. Sementara puasa sunnah itu banyak sekali macamnya. Apa  saja puasa - puasa sunnah itu ? .
   * Puasa sunnah Sya'ban  :
Aisyah ra menuturkan : " Aku tidak melihat Nabi Muhammad SAW menyempurnakan puasa satu bulan penuh, selain pada bulan Ramadhan. Dan aku tidak melihat beliau pada bulan - bulan yang lain berpuasa lebih banyak dari bulan Sya'ban. "  ( HR  : Muttafaqun Alaih ) .
* Puasa Sunnah Dzulhijjah  :
Muhammad Rasulullah SAW bersabda : "  Tiada hari dimana amal shaleh didalamnya lebih dicintai oleh Allah SWT dari pada hari - hari ini ( sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah  ).
Para Sahabat bertanya : "  Wahai Rasulullah , tidak juga jihad fisabilillah ? "
  "   Tidak juga jihad fisabilillah.  " jawab beliau : " Kecuali seorang yang berangkat dengan membawa jiwa dan hartanya, lalu kembali tanpa membawa sedikitpun dari keduanya. " ( HR  : Bukhari  ) .
*  Puasa sunnah Muharram :
Abu Hurairah ra mengatakan, Muhammad Rasulullah SAW bersabda : "  Sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadhan adalah (puasa) pada bulan Allah, yaitu Muharram.  " ( HR  : Abu Daud dan Turmidzi  ) .
* Puasa Senin dan Kamis :
Usamah bin Zaid ra mengungkapkan ,  Muhammad Rasulullah SAW sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Seorang sahabat bertanya tentang hal itu  : "  Sesungguhnya amal perbuatan manusia diangkat menuju Allah pada hari Senin dan Kamis. " ( HR  : Abu Daud  ) .
* Puasa tiga hari setiap bulan ( I ) :
Abu Hurairah ra mengatakan  :  " Muhammad Rasulullah SAW berpesan kepadaku tiga hal, yaitu berpuasa selama tiga hari pada setiap bulannya, mengerjakan dua rakaat shalat Duha serta shalat witir sebelum tidur." ( HR  : Muttafaqun Alaih ) .
*  Puasa tiga hari setiap bulan  ( II )  :
Abdullah bin Amr bin Al-Ash memberitahukan, Muhammad Rasulullah SAW bersabda :  " Berpuasalah setiap bulannya tiga hari, karena sesungguhnya kebaikan pada hari itu dihitung dengan sepuluh kelipatannya, yang nilainya sama seperti berpuasa sepanjang tahun. "  ( Muttafaqun Alaih ) .
*  Saat Tepat Puasa Tiga Hari  :
Abu Dzar Al Ghiffari ra mengungkapkan , Muhammad Rasulullah SAW bersabda : "  Wahai Abu  Dzar , apabila engkau hendak berpuasa sunnah pada setiap bulannya, maka laksanakanlah pada tanggal tiga belas, empat belas , dan lima belas. "  (HR  : Turmidzi  ) .
  Keterangan  : Hadist yang sama juga diriwayatkan oleh Nasa'i dan Ibnu Hibban tetapi dengan redaksi yang berbeda.
*  Puasa Sunnah Nabi Daud As   :
Abdullah bin Amr bin Al-Ash mengatakan , Muhammad Rasulullah SAW bersabda : "  Berpuasalah satu hari dan berbukalah satu hari. Yang demikian itu merupakan puasa Nabi Daud dan merupakan puasa yang baik."
   Kemudian Abdullah bin Amr bin Al-Ash berkata ,  " Sesungguhnya aku masih  mampu melakukan lebih dari itu " .
   " Tidak ada yang lebih baik dari itu. " jawab beliau. ( HR  : Muttafaqun Alaih  ) .
*  Puasa Nabi Daud As. Puasa sunnah yang paling baik  :
Abdullah bin Umar bin Khatthab ra mengabarkan bahwa Muhammad Rasulullah SAW bersabda : "  Puasa sunnah yang terbaik adalah puasa yang dilakukan Nabi Daud, sehari ia berpuasa dan seharinya tidak."  ( HR  : Bukhari dan Muslim ) .
  Jelasnya bagi orang yang ingin mencari ridha Allah SWT dengan cara berpuasa sunnah,maka sebaiknya melaksanakan puasa Nabi Daud As. Hal ini dikemukakan karena  masih ada orang yang senang berpuasa dengan cara berpuasa selama 41 ( empat puluh satu ) hari  penuh, kemudian berbuka selama beberapa hari. Setelah itu ia berpuasa kembali selama 41 (empat puluh satu ) hari lagi. Demikian seterusnya.
  * Puasa sunnah tanpa izin suami:
  *  Muhammad  Rasulullah SAW bersabda : ( Artinya  ) :  " Janganlah seorang wanita berpuasa pada suatu hari , ketika sang suami berada  disisinya, melainkan dengan izinnya. Kecuali pada bulan Ramadhan. "  ( HR  : Muttafaqun Alaih  ) .
   Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : PETUAH-PETUAH
RASULULLA. Jilid 5. SEPUTAR MASALAH ZAKAT & PUASA. Oleh : Syamsul Rijal Hamid. *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA