KISAH TIGA ORANG PEMUDA YANG TERKURUNG DIDALAM GOA

Assalamualaikum wr wb. Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Amal yang ikhlas selalu dilakukan tanpa pamrih sehingga membuat orang menjadi senang. Orang yang ikhlas akan disukai dalam pergaulan karena apabila ia menolong seseorang, maka bantuan itu diberikan tanpa mengharap imbalan apapun dan tidak diceritakan kepada siapapun.
   Orang yang ikhlas akan banyak temannya sehingga apabila ia mendapat kesulitan, teman - temannya secara suka rela membantu untuk meringankan kesulitan yang dihadapi. Jika seseorang beramal didasarkan niat yang ikhlas, Allah akan membalasnya dengan pahala berlipat ganda. Pahala Allah tidak hanya diberikan diakhirat dengan syurga yang dijanjikannya, melainkan juga diberikan kemudahan hidup di dunia sebagaimana Firman Allah SWT berikut ini  : ( Artinya  )  :  "   Dan katakanlah  : bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang - orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada  ( Allah  ) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.  " ( QS  : At-Taubah : 105 ).
   Pertolongan Allah Yang diberikan kepada orang yang ikhlas kadang-kadang datang secara tidak terduga sehingga kesulitan yang dihadapi orang tersebut biasanya hilang dengan sendirinya. Dalam suatu Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dikemukakan sebagai berikut  : ( Artinya  )  :
*  " Ada tiga orang pemuda yang terjebak ( terkurung ) dalam sebuah Goa. Mereka berusaha sekuat tenaga dengan segala kemampuannya untuk mendorong batu yang menutupi Goa tersebut, tetapi batu itu tidak bergeser sedikitpun, sia-sialah usaha mereka. Mereka menyadari bahwa tidaklah mungkin keluar dari Goa tersebut, kecuali dengan pertolongan Allah. Setelah itu ,  mereka berdoa. Didalam doa , mereka menyatakan kebaikan masing-masing yang pernah dilakukannya dengan ikhlas ".
*  "  Pemuda pertama menyatakan dalam doanya bahwa ia telah berbakti kepada kedua orang tuanya dengan ikhlas. Jika Allah ridho akan perbuatannya, maka berilah pertolongan agar ia bisa keluar dari Goa tersebut. Setelah ia selesai berdoa, maka bergeserlah batu tersebut, tetapi mereka belum dapat keluar. "
*  Pemuda kedua mengatakan dalam doanya bahwa ia mencintai anak pamannya yang cantik jelita dan ia  memperoleh kesempatan untuk melakukan kemaksiatan. Namun ,  ia tidak melakukannya, ikhlas menjauhi larangan Allah. Jika Allah meridhoinya ia mohon supaya mereka dapat keluar dari Goa tersebut. Begitu selesai berdoa lalu bergeserlah batu tersebut lebih besar, tetapi mereka belum dapat keluar. "
*   Pemuda ketiga menyatakan dalam doanya bahwa ia mempunyai seorang buruh yang telah lama tidak datang , padahal upahnya belum diambil, lalu upah tersebut ia belikan seekor kambing dan kambing tersebut berkembang biak. Beberapa tahun kemudian buruh tersebut datang untuk meminta upahnya lalu kutunjukkan kambing - kambing tersebut dan aku berikan semua kepadanya. Jika Allah meridhoi perbuatan tersebut, maka selamatkan dan keluarkan kami dari Goa tersebut. Setelah selesai berdoa batu itupun bergeser lebih besar lagi sehingga mereka terbebas dan dapat keluar dari Goa tersebut. "
( HR : Bukhari dan Muslim  ).
    Demikianlah amal yang ikhlas telah membebaskan mereka dari kesulitan. Allah Maha Mengetahui dan pasti memberikan balasan dan pahala atas setiap amal perbuatan ikhlas yang dilakukan oleh hamba - Nya sebagaimana Firman Allah SWT  :  ( Artinya  )   : "  Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarahpun niscaya Dia akan melihat  ( balasan) nya  Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarahpun, niscaya Dia akan melihat ( balasan )  nya pula. " ( QS  : Az-Zalzalah : 7 - 8 ) .
   Dan Firman - Nya   :  ( Artinya  )   : "  Tidak ada balasan kebaikan, kecuali kebaikan  ( pula  ) .  " ( QS   : Ar-Rahman :  60 ) .
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Semoga bermanfaat dan mendapat tempat di hati sidang pembaca. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Oleh : Drs Ahmad Syafi'i Mufid , M.A.  dkk  *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : Www.hajisunaryo.com *
            ***
*  Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA