RUMAH ORANG MUSLIM YANG DIDALAMNYA TIDAK ADA SEORANG PUN PENGHUNINYA YANG MELAKSANAKAN SHALAT

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama mari kita mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT , karena sesungguhnya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas pada hakikatnya semata-mata adalah karena izin , karena perkenan , karena kehendak Allah SWT. Saya yakin haqul yakin , tanpa izin , tanpa perkenan ,  tanpa kehendak-Nya saya tidak akan pernah bisa menulis seperti ini. Oleh karena itu , tidak berkelebihan kiranya kalau sekali lagi saya mengajak  ( menghimbau  )  saudaraku ( sidang ) pembaca , mari kita mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Illahi Rabbi , Tuhan Seru Sekalian Alam. Dia pencipta langit dan bumi , Dia penguasa tunggal di Hari Pembalasan Nanti  , Dia itu Maha Dzat yaitu Allah SWT. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita , junjungan umat , Nabi termulia , Rasul paling Agung , yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Kisah ini saya dengar ketika saya shalat jum'at ,  beberapa tahun yang lalu ketika saya masih dinas dan bertugas di Pelabuhan Tanjung Priok. Saya shalat jum'at disebuah Masjid di tempat (  didaerah ) dimana saya bekerja.
Khatib Jum'at didalam khotbahnya mengatakan  : Bahwa dizaman Rasulullah SAW ada seorang ibu yang sedang dirundung kesedihan, karena anak perempuannya yang sudah gadis  sedang sakit. Sudah berobat kemana-mana dan sudah bermacam obat diberikan. Namun sakit sigadis tidak kunjung sembuh, malah terlihat semakin parah. Kesedihan si ibu lama-kelamaan berubah menjadi keputusan asaan. Didalam keputus asaannya si  ibu bernazar ,  bahwa apabila anak gadisnya bisa sembuh maka ia akan makan kotoran  anjing.
    Sidang pembaca ,  beberapa hari kemudian  dengan izin Allah ,  sigadis sembuh dari sakitnya. Bukan main gembira dan senangnya hati si ibu melihat putrinya sudah sembuh. Tetapi kegembiraan hati orang tua ini tidak lama,  tiba-tiba saja berubah kembali  menjadi kesedihan. Kenapa ? Karena ibu ini teringat akan nazarnya , yaitu apabila anaknya sembuh maka ia akan makan kotoran anjing. Bagaimana ini ? Memakan kotoran anjing , suatu hal yang tidak mungkin. Selain menjijikkan juga kotoran anjing itu benda najis. Karena,  ibu ini hidup dizaman Rasulullah SAW , maka orang tua ini mendatangi Rasulullah SAW dan menyampaikan masalahnya. Rasulullah SAW bersabda  :  "  Cari rumah orang Islam yang didalamnya tidak ada seorang pun penghuninya yang melaksanakan shalat. Kalau sudah ketemu , tunggu sampai turun hujan. Nah, air hujan yang mengalir mengucur dari ujung genteng rumah itu,  sama dengan kotoran anjing."
    Sidang pembaca , itu artinya air hujan yang mengalir dari rumah orang Islam yang penghuninya tidak ada yang shalat, sama dengan kotoran anjing. Padahal kita tahu bahwa air hujan itu suci dan mensucikan. Sekarang kita perhatikan rumah kita. Jangan sampai dirumah kita ada yang tidak shalat,apalagi kalau seluruh penghuninya tidak shalat. Naudzubillah minzalik!  Demikian akhir dari khotbah Jum'at yang saya dengar itu. Dan demikian pula akhir dari tulisan saya. Semoga bermanfaat dan  menjadikan sebagai tambahan ilmu.  Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita ,insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
          ***
*   Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari : Catatan taklim penulis dari khotbah Jum'at di sebuah Masjid didaerah Tg Priok.  *
          ***
*   Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : Www.hajisunaryo.com  ***
          ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com  *
          ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA