KAPAN MAUT DATANG ?

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji syukur kepunyaan Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya
Hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat , Nabi termulia , Rasul paling Agung  yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
      Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Kematian   yang selalu menjadi momok sebagian
besar manusia akan menimpa seseorang tanpa permisi terlebih dahulu. Tak perduli , apakah ahli kubur siap atau belum, takut atau tidak , suka atau tidak ,. Kematian datang tepat pada waktunya sesuai dengan ketetapan Allah , tak mungkin diundur atau dimajukan barang sedetikpun.      *   Allah SWT berfirman   :  ( Artinya  )  :  "  Katakanlah : Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya ,  maka sesungguhnya kematian itu akan akan menemui kamu.  " ( QS  :62 : 8 ) .
*   Dalam ayat lain Allah SWT berfirman  :  ( Artinya  )   :  "  Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah , sebagai ketetapan yang tertentu waktunya. " (QS   : 3   :145 ).
    Juga Firman Allah SWT sehubungan dengan kematian  : ( Artinya  )   :  "  Maka apabila telah tiba waktunya ( yang ditentukan  ) bagi mereka , tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak ( pula ) mendahulukannya. "  ( QS  : 16 : 61  ) .
    Rasa sakit ketika ruh dicabut , dalam Hadist Nabi digambarkan sebagai berikut  : ( Artinya  )   : "   Sakitnya sakratul maut itu kira-kira tiga ratus sakitnya pukulan pedang.  " ( HR  : Ibnu Abid Dunya  ) .
   Itu berlaku dan dirasakan oleh orang - orang kafir. Sedang bagi kaum mukmin, keluarnya ruh dari tubuh secara perlahan - lahan.
Manakala seseorang dicabut nyawanya oleh malaikat maut ,  dikanan kirinya terdapat dua malaikat lain yang turut menungguinya. Ketika ruh sudah ditarik, dan ia termasuk golongan orang berbahagia, maka malaikat Rahmat yang berada disebelah kanan ( memanggilnya ) . Apabila termasuk golongan orang celaka , maka malaikat Adzab ( yang berada di sebelah kiri  ) memanggilnya.
   Menurut al-Faqih ,  siapa saja yang menginginkan keselamatan kubur hendaknya memelihara 4  ( empat )  perkara : Menjaga  shalat  ,  bersodaqoh  ,  membaca Al Qur'an  ,  dan  membaca Tasbih. Serta menghindari 4 ( empat  )  perkara  : Dusta  ,  khianat , bergumam ,  dan  kencing pada badan.
*  Rasulullah SAW bersabda   :  ( Artinya  )   :  "  Bersihkanlah akan kencing, sebab kebanyakan siksa kubur adalah akibat kencing."  ( Al-Hadist  ) .
*  Dalam Hadist yang lain ,  Rasulullah SAW bersabda  :  ( Artinya  )   :  "  Barangsiapa melihat orang teraniaya yang membutuhkan pertolongan tetapi tidak menolongnya, maka didalam kuburnya ia akan diganjar 100 ( seratus  ) kali cemeti Neraka."   (  Al-Hadist  ) .
*  Menurut Rasulullah SAW, Allah akan memanggil 4 ( empat  ) golongan manusia  ( pada Hari Kiamat  ) untuk ditempatkan diatas mimbar - mimbar  dari Nur ,  dan Allah akan melimpahkan Rahmat - Nya kepada mereka. Mereka itu adalah  : Orang yang mengenyangkan orang lapar,  orang yang berperang di jalan Allah  ,  orang yang memberikan pertolongan kepada kaum yang lemah , dan orang yang memberikan pertolongan kepada orang yang teraniaya.
*  Allah SWT berfirman  :  ( Artinya  )   :  "  Dari bumi  ( tanah ) itulah Kami menjadikan kamu dan kepadanya Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain. "  ( QS  :  20 :  55 ) .
    Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini , berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
*  Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : ALAM KUBUR DAN ALAM BARZAKH . Oleh  : Drs Mohammad Anwar , *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : Www.hajisunaryo.com  *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com.  *
            ***

 














Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA