KITAB SUCI AL QUR'AN ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya. Hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beliau  ( Nabi SAW )  beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Pada Bagian Kedua ini , artikel berjudul sesuai tersebut diatas akan saya lanjutkan penulisannya sebagai berikut : Al-Qur'an merupakan sumber hukum Islam yang dapat memberikan petunjuk ke jalan yang benar dan memberi khabar gembira serta membimbing manusia kejalan yang lurus untuk tetap menjalankan amal shaleh sebagaimana Firman Allah SWT berikut ini  :
( Artinya  )  :  "  Sesungguhnya Al-Qur'an ini memberikan petunjuk kepada  ( jalan ) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang - orang mukmin yang mengerjakan amal shaleh. Sesungguhnya bagi mereka ada pahala yang besar." ( QS  : Al Isra' : 9 ) .
    Maju atau mundurnya umat Islam tergantung pada sikap manusia terhadap Al-Qur'an. Al-Qur'an tidak hanya berfungsi untuk dibaca dengan lagu - lagu merdu, bukan pula hanya berfungsi untuk Musabaqoh Tilawatil Qur'an  ( MTQ ),melainkan harus dijadikan pedoman dalam kehidupan masyarakat. Al-Qur'an merupakan roh yang memberi kehidupan hakiki bagi mereka yang berpedoman kepadanya. Ia merupakan syifa', yaitu obat segala macam penyakit rohani yang diderita oleh manusia, dan nur, yaitu yang memberi cahaya petunjuk bagi mereka yang berkelana dan meraba-raba dalam kegelapan. Al-Qur'an merupakan huda , yaitu petunjuk ke jalan yang lurus bagi mereka yang sedang menempuh jalan menuju Illahi. Selain itu , ia merupakan  Rahmat, yaitu nikmat bagi mereka yang sedang berjuang mencari kebahagiaan.
    Semua peran tersebut tercantum dalam Al-Qur'an. Oleh sebab itu , umat Islam wajib mengenalnya agar menjadi sumber kekuatan hidupnya serta menjadi pedoman falsafah kita.
    Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya akhiri tulisan religius ini ,  judul sesuai tersebut diatas pada Bagian Kedua. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan judul baru tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh  : Drs Ahmad Syafi'i Mufid, M.A. dkk  *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : Www.hajisunaryo.com  *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA