MUSIBAH

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji kepunyaan Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada - Nya kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
       Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Diantara kita mungkin ada yang pernah terkena suatu musibah, seperti sakit , terjatuh dari motor ,  kematian orang tua , kakak   adik , anak ,  atau pun kehilangan benda yang sangat kita sayangi ( cintai ). Dalam menghadapi  cobaan atau hal-hal yang tidak menyenangkan seperti itu , kita harus bersabar  dan tidak boleh  berkeluh kesah apalagi berputus asa. Terimalah dengan rela dan ikhlas musibah yang menimpa kita itu. Kita harus menyadari bahwa semua ini kehendak Allah SWT. Allah SWT tidak akan menimpakan suatu musibah kepada hamba - Nya , jika hamba-Nya itu tidak mampu menghadapinya. Sebagaimana dijelaskan didalam Al-Qur'an  :  ( Artinya  )   :  "   Allah tidak membebani seseorang ,   melainkan sesuai dengan kesanggupannya.  "  ( QS  :  Al - Baqarah  :  286 ) .
      Oleh karena itu ,  apabila kita mendapat musibah harus mampu bersikap sabar. Selain itu , apabila kita mendapat musibah sebaiknya membaca doa seperti dalam Hadist Nabi SAW berikut ini  :  (  Artinya  )   :   "  Sesungguhnya Kami adalah milik Allah , dan  kepada-Nya pula kami dikembalikan. Ya Allah ,  berikanlah aku pahala dalam musibahku, dan berilah aku ganti yang lebih baik dari pada musibah ini . "  ( HR  : Abu Daud  ) .
       Apabila kita mampu bersikap sabar maka akan mendapat balasan dari Allah ,  baik didunia maupun diakhirat. Hal ini dijelaskan didalam Kitab Suci Al Qur'an  surat Al-Furqan  :   ( Artinya  )   :   "    Mereka itulah orang yang akan dibalas dengan martabat yang tinggi  ( dalam Syurga  )  karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat didalamnya.  "  ( QS  : Al Furqan  :  75 )  .
     Dengan demikian , apabila kita mendapat musibah seharusnya bersabar dan berserah diri hanya kepada Allah SWT.
Jauhkan lah diri kita dari dari sikap putus asa,  karena berputus asa adalah perbuatan dosa. Hal ini sangat dibenci oleh Allah SWT. 
      Saudaraku ,  sidang pembaca yang berbahagia. Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kekeliruan atau pun kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                            ***
*  Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh  : Drs H. Hasan Baihaqi , Af . *
                            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website  :  Www.hsunaryo.blogspot.co.id  *
                            ***
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA