PUASA HARI JUM'AT

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad .
Segala puja dan puji kepunyaan Allah , Tuhan Seru Sekalian Alam dan hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW , tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beserta para sahabatnya.
      Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Hari jum'at adalah hari raya bagi kaum muslimin , dan oleh karena itu
Rasulullah SAW melarang seseorang yang melaksanakan puasa khusus hari jum'at saja. Hal ini ditunjukkan oleh Hadist Rasulullah SAW  :
( Artinya ) : "  Janganlah kalian berpuasa pada hari jumat  , kecuali jika disertai oleh satu hari sebelumnya atau  satu hari sesudahnya. " (  HR : Bukhari dan Muslim dari Jabir ra ).
    Dan Hadist Nabi SAW  berikut ini :
( Artinya ) : "  Sesungguhnya hari jum'at itu merupakan hari Raya kalian ( oleh karena itu ) maka janganlah kalian berpuasa pada hari tersebut  , kecuali jika kalian berpuasa sebelum atau sesudahnya. " ( HR : Bazzar dari Amr Al-As'ari .)
      Saudaraku , sidang pembaca yang budiman . Akhir dari tulisan religius ini , ingin saya menyampaikan satu lagi Hadist Nabi SAW setentang berpuasa pada hari jum'at seperti berikut :
( Artinya ) : "  Dari Djuwairiah binti Harist ra , katanya : " Sesungguhnya Nabi SAW datang kerumahnya pada hari jum'at , sedangkan ia puasa. Sabda Nabi : "  Adakah engkau puasa kemaren ? " Jawabnya : " Tidak ."   Sabda Nabi : " Adakah engkau bermaksud akan puasa besok ? "  Jawabnya : " Tidak. " Sabda Nabi : " Berbukalah ." .( HR : Bukhari ) .
     Sampai disini saya sudahi dulu tulisan ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .
                           ****
*   Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : FIKIH ISLAM ( Untuk SMTA ) Oleh : Drs Musthafa Kamal B.Ed dan buku : TERJEMAH HADIST SHAHIH BUKHARI . Penterjemah :  H.Zainuddin Hamidy dkk . *
                            ****
*    Artikel religius  ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com  .*
                             ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA