UDHIYAH

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Kita ucapkan puja dan puji syukur kehadhirat Allah SWT yang telah melimpahkan Karunia serta inayah-Nya kepada kita yang cinta dengan bacaan bernafaskan Islam sehingga saya sebagai penyusun artikel sesuai judul tersebut diatas dimudahkan , dilancarkan segala sesuatunya dan dapat menyelesaikan tulisan ini dengan baik tanpa kesulitan sedikitpun.
Shalawat serta salam kita mohonkan semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Qurban dalam bahasa Arab disebut Udhiyah yang berarti menyembelih binatang pada pagi hari.Sedangkan menurut istilah adalah : Beribadah kepada Allah dengan cara menyembelih hewan tertentu pada hari Raya Haji dan hari-hari Tasyrik ( tanggal 11 , 12 , dan tanggal 13 Dzulhijjah ) sesuai ketentuan syara' .
    Ibadah Qurban selain mengandung makna taqarrub kepada Allah , tetapi juga mengandung makna kesetiakawanan sosial dan peningkatan gizi masyarakat.Oleh karena itu berqurban sangat dianjurkan dan hukumnya sunah muakkad .
    Jenis hewan yang dapat dijadikan Qurban adalah : Unta , sapi , kerbau ; kambing dan domba. ( Berdasarkan surat Al -Haj : 35 ) .
Sementara syarat-syarat hewan untuk qurban ialah :
1.   Hewan yang dijadikan untuk Qurban hendaklah hewan jantan yang sehat , bagus , bersih , tidak ada cacat seperti buta, pincang dan sebagainya .
2.   Hewan yang dikurbankan hendaklah cukup umur. Kambing dan domba sudah berumur satu tahun atau lebih sedangkan sapi dan kerbau berumur dua tahun atau lebih.Seekor sapi atau kerbau untuk Qurban 7 ( tujuh ) orang dan kambing setiap ekor untuk satu orang.
     Penyembelihan qurban dilakukan pada hari Raya Idhul Adha , dimulai setelah shalat Id sampai pada tanggal 11 , 12 , dan 13 hari berikutnya ( hari-hari Tasyrik ) , sebelum terbenam matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah.
*   Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak .Maka dirikanlah shalat dan berqurbanlah.Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu adalah orang yang terputus." (QS : Al Kautsar : 1-3 ).
     Sampai disini saya sudahi tulisan
( religius ) ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                         *****
*  Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam . Oleh : Drs . H . Hasan Baihaqi , Af . *
                           ****
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com. *
                            ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA