DALAM ISLAM DUSTA MERUPAKAN SALAH SATU AKHLAK BURUK DAN SIFAT TERCELA.

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim.
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
    Dusta atau bohong merupakan salah satu akhlalk yang tercela.Dan merupakan lawan dari sifat jujur dan benar.Selain itu , dusta merupakan salah satu dari kemunafikan sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : (Artinya) : " Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga : Apabila berbicara dia berdusta, , apabila berjanji dia mengingkari , dan apabila dipercaya dia berkhianat." (HR : Muttafaqun Alaih).
Dusta ialah menyatakan tentang sesuatu yang tidak sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya.Dusta itu tidak hanya dalam perkataan tetapi juga dapat berwujud dalam perbuatan atau sikap.Dalam agama Islam , dusta merupakan dalam hal yang sangat terkutuk dan tercela, bahkan merupakan pokok dan induk dari bermacam-macam akhlak yang buruk.Selain itu , dusta dapat merugikan masyarakat pada umumnya , juga bagi orang yang berdusta itu sendiri .Diantaranya , setiap perkataannya tidak akan dipercaya lagi oleh orang lain meskipun perkataan itu benar adanya .Dusta yang bersifat  kesaksian palsu , jika seorang saksi berkata tahu padahal sebetulnya ia tidak tahu atau berkata tidak tahu padahal sebenarnya dia tahu .Kesaksian palsu sangat berbahaya , baik didunia maupun diakhirat nanti.
Timbulnya berbagai bentuk kejahatan merupakan salah satu akibat dari perbuatan dusta atau bohong..Oleh karena itu , kita harus berupaya sekuat tenaga untuk menghindari dan menjauhi sifat dusta . Karena dusta merupakan konci masuk Neraka , sebagaimana ditegaskan dalan Hadist Nabi SAW : (Artinya) : " ...dan jauhkanlah dirimu dari perbuatan dusta .Karena sesungguhnya dusta itu membawa kecurangan dan kecurangan membawa ke Neraka.." (HR :  Bukhari ) .
Apa yang harus kita lakukan atau perhatikan agar terhindar dari sifat dusta itu ? Upaya yang harus kita lakukan agar terhindar dari dusta, antara lain kita harus selalu ingat beberapa hal dibawah ini .
     1.  Allah SWT mengetahui semua perbuatan dosa yang kita lakukan, dalam hal ini berdusta.
      2.  Walaupun perbuatan dusta disembunyikan suatu saat akan diketahui juga .Tidak ada kedustaan yang abadi , semuanya akan terungkap.
       3.   Perbuatan dusta akan merugikan orang lain dan juga diri sendiri.
        4.   Perbuatan dusta mau tidak mau akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT.Tidak akan ada pendusta yang lolos dari pertanggungjawaban.
         5.   Orang lain tidak akan mempercayai kita lagi karena kita pernah berdusta walaupun hanya sekali.Pendusta tidak akan dipercaya walaupun berkata benar.

Apabila kita mampu menghindari sifat dusta dengan langkah-langkah tersebut, insya Allah akan selamat didunia dan diakhirat , terhormat dihadapan Allah juga dihadapan manusia.Karena itu , biasakan bersikap jujur , baik dalam.perkataan maupun perbuatan.
     Sampai disini saya sudahi tulisan ( religius ) ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan .Jumpa lagi kita dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                         ****
* Bahan -bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : " Pendidikan Agama Islam ". Oleh : Drs Hasan Baihaqi , AF. *
                          ****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www.Hajisunaryo.com *
                          ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA