SYAFAAT DI PADANG MAHSYAR ( Bagian Pertama ) Posted on March 9, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Dalam sebuah Hadist disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : ” Pada hari Kiamat, ahli neraka ditunjukkan dalam keadaan bershaf-shaf, kemudian orang – orang beriman melewatinya. Maka seorang lelaki dari ahli Neraka melihat seorang yang beriman yang telah dikenalnya didunia lalu berkata : ” Wahai fulan, ingatkah kamu suatu hari ketika kamu meminta tolong kepadaku untuk suatu keperluan? ” Kemudian orang mukmin itu ingat dan mengenalnya, lalu memintakan tolong untuknya kepada Tuhannya, sehingga Tuhan menerima permohonan pertolongannya untuknya. ” (HR : Abu Ya’la dan Thabrani ).
Anas ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : ” Sesungguhnya pada hari Kiamat seorang lelaki dari ahli syurga mengintip seorang ahli neraka. Maka seorang ahli neraka itu memanggilnya : ” Wahai fulan, tidakkah kamu mengenaliku? ”
Maka ahli syurga itu berkata : ” Aku tidak mengenalmu, siapakah kamu ? ” Lelaki ahli neraka itu berkata : ” Aku adalah orang yang ketika didunia, kamu pernah berjumpa denganku ketika kamu lewat, lalu kamu meminta minum seteguk air kepadaku lalu aku memberikannya kepadamu. ” Maka ahli syurga itu berkata, ” Sekarang aku telah mengenalimu.” Maka ahli neraka itu berkata : ” Mintalah pertolongan untukku karena seteguk air itu dari sisi Tuhanmu . ” Kemudian ahli syurga itu memohon pertolongan kepada Allah SWT, lalu Allah SWT memperkenankan permohonannya untuknya. ”
Al-Baihaqi mengeluarkan dari sanad yang lain, dari Anas ra dengan lafadz : ” Apakah kamu ingat suatu hari didunia ketika aku telah berbuat kebaikan untukmu? ” Sedangkan Ibnu Majah mengeluarkan dengan lafadz : ” Pada hari Kiamat,manusia dibariskan bershaf-shaf. Kemudian ketika para ahli syurga lewat, salah seorang dari ahli syurga melewati seseorang dari ahli neraka. Maka ahli neraka itu berkata : ” Wahai fulan , tidakkah kamu ingat pada suatu hari kamu meminta minum kepadaku, lalu aku memberimu minum seteguk air? ” Kemudian ahli syurga itu dapat memberikan pertolongan untuknya. Lagi, seorang lelaki melewati lelaki lain , lalu berkata : ” Wahai fulan, tidakkah kamu ingat bahwa suatu hari kamu memerintahkan kepadaku untuk suatu keperluan, kemudian aku melaksanakan perintahmu itu . ” Maka orang itu dapat menolongnya.
( Al-Buduur As-Syafirah ) .
Hasan Basri meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : ” Perbanyaklah mengenal orang – orang fakir dan buatlah simpanan disisi mereka. Sesungguhnya kelak mereka mempunyai kerajaan. Para Sahabat berkata : ” Ya Rasulullah, apakah kerajaan itu ? ” . Beliau bersabda : ” Ketika hari Kiamat tiba, dikatakan kepada mereka : ” Lihatlah orang yang memberikan sesuap makan, sehelai pakaian, atau seteguk air minum kepadamu ketika didunia, maka ambilah tangannya dan masukkanlah ia ke syurga. Para Muhadditsin juga meriwayatkan dari Al-Hasan, dari Nabi SAW, beliau bersabda : ” Pada hari Kiamat seorang hamba pendosa didatangkan, kemudian ia mengajukkan udzur kepada Allah SWT sebagaimana seseorang yang mengajukan udzur kepada orang lain didunia. ( Bersambung ) .
Saya akhiri dulu tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : RAHASIA SETELAH KEMATIAN. Oleh : Maulana Muhammad Islam *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat kamu temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA