KEUTAMAAN MASJID Posted on March 12, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Allah SWT berfirman, ( Artinya ) : ” Hanyalah orang – orang yang beriman kepada Allah dan Hari Akhirlah yang akan memakmurkan masjid – masjid Allah.” ( QS : At-Taubah : 18 )
Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa yang membangun sebuah masjid karena Allah, walau hanya seperti gundukan tanah sarang merpati ( perkutut ), Allah akan membangun sebuah gedung baginya di syurga. ”
Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa yang gemar masjid, maka Allah akan gemar padanya “.
Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Apabila seseorang diantara kamu masuk masjid, hendaklah shalat dua raka’at sebelum duduk. ”
Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Tidak ada shalat bagi tetangga masjid, kecuali di masjid. ”
Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Malaikat – malaikat mendoakan pada seseorang diantara kamu selagi ia berada ditempat shalat. “. Malaikat – malaikat itu berkata : ” Ya Allah , berilah keberkatan, rahmat, ampunan bagi dia selagi belum hadast, dan belum keluar dari masjid. ”
Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Bakal datang pada akhir masa manusia dari umatku yang datang ke masjid. Lalu mereka duduk didalamnya berkelompok – kelompok, dzikir mereka adalah dunia dan mencintai dunia itu. Janganlah kamu berkumpul dengan mereka, karena Allah tidak membutuhkan mereka. ”
Nabi Muhammad SAW bersabda, Allah SWT berfirman dalam sebagian kitab – kitab-Nya : ” Sesungguhnya rumah – rumah-Ku didalam bumi-Ku adalah beberapa masjid dan sesungguhnya orang – orang yang mengunjungi Aku adalah orang – orang yang memakmurkan masjid – masjid itu. Maka keberuntungan besar bagi seorang hamba yang bersuci dirumahnya kemudian dia mengunjungi-Ku dirumah-Ku “. Nyatalah, bahwa bagi orang yang dikunjungi untuk memuliakan orang yang mengunjunginya.
Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Apabila kamu melihat seorang laki-laki yang membiasakan ke masjid, maka bersaksilah kamu kepadanya dengan iman. ”
Sa’id bin Musayyab berkata : ” Barangsiapa yang duduk di masjid, maka sesungguhnya dia hanya berkumpul dengan Tuhannya. Tidaklah ada hak baginya untuk berkata, kecuali yang baik. ”
Diriwayatkan didalam Atsar atau bahkan Hadist : ” Pembicaraan di masjid memakan kebaikan – kebaikan, sebagaimana ternak memakan rumput. ”
An-Nakha’i berkata : ” Para Ulama berpendapat, bahwa berjalan dimalam yang gelap menuju ke masjid adalah mengharuskan syurga. ”
Anas bin Malik ra berkata : ” Barangsiapa yang menerangi lampu dengan sebuah lampu di masjid, maka para malaikat dan pemikul-pemikul Arasy tidak henti-hentinya memohonkan ampun selagi dia masih tetap berada di dalam masjid itu. ”
Ali Karramallahu wajhahu berkata : ” Apabila seorang hamba mati, menangislah tempat shalatnya dibumi dan tempat naik amalnya dilangit “.
Kemudian dia membaca, ( Artinya ) : ” Maka langit dan bumi tidak mengisi mereka
dan mereka pun tidak diberi tangguh. ” ( QS : Ad-Dukhan : 29 ).
Ibnu Abbas berkata : ” Bumi akan menangisinya selama empat puluh pagi. ‘Atha’ Al-Khurasyani berkata,” Tidaklah seorang hamba bersujud kepada Allah dengan sekali sujud pada sebuah tempat dari tempat – tempat dibumi, kecuali tempat itu akan bersaksi baginya pada hari Kiamat dan akan menangisi pada hari kematiannya.”
Anas bin Malik berkata : ” Tidak ada sebuah tempat yang digunakan dzikir yang lain kecuali dia berbangga atas tempat – tempat yang ada disekitarnya dan dia bergembira dengan dzikir kepada Allah Azza Wa Jalla sampai ujung terakhirnya dibumi ketujuh. Dan tidak ada seorang hamba yang berdiri shalat kecuali bumi ini akan berhias untuknya. ”
Dikatakan : ” Tidak ada sebuah tempat yang disinggahi sekelompok manusia, kecuali tempat itu akan mendoakan atau melaknatinya. ”
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : DIBALIK KETAJAMAN MATA HATI. Oleh : Imam Al Ghazali *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id
atauWww.hsunaryo.blogspot.com *
***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA