BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM Posted on March 19, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Arti Bismillahirrahmanirrahiim, yaitu : Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang demikian itu, menurut yang sudah lazim menjadi pengertian umum kaum muslimin di Indonesia. Yang biasa diajarkan di Pesantren – pesantren, dilandasi arti secara harfiyah dan dilengkapi dengan ilmu Nahwu, ma’ani dan lain – lainnya , yaitu : ” Saya memulai dengan menyebut nama Allah yang banyak memberi nikmat besar didunia dan nikmat kecil di akhirat.”
Pengertian nikmat besar dan kecil itu sering dijelaskan sebagai berikut :
1. Saya memulai dengan nama Allah, tidak dengan nama yang lainnya. Nikmat besar didunia, yaitu besar atau banyak yang menerimanya, karena seluruh makhluk Allah baik yang mukmin maupun yang bukan mukmin juga seluruh hewan dan lain – lainnya, semuanya menerima nikmat Allah. Padahal sebetulnya nikmat yang telah Allah berikan kepada seluruh makhluk-Nya didunia ini hanya satu prosen dari nikmat yang telah dijadikan-Nya . Dengan nikmat yang satu prosen untuk seluruh makhluk – Nya itu sudah banyak orang yang lupa daratan, lupa kepada pemberinya, yaitu Allah Yang Maha Pemurah.
Adapun nikmat kecil di akhirat, ialah sedikit yang menerimanya, yaitu hanya ahli syurga saja, sedangkan rata – rata orang yang masuk syurga itu dari seribu orang hanya seorang. Adapun yang 999 orang lagi ke Neraka, sedangkan nikmat Allah yang akan diberikan sebanyak 99% dari seratus nikmat itu. Oleh karena itu, kenikmatan syurga dapat kita hitung = 99 x 999 nikmat dunia = 99. 901 lipat nikmat dunia. Dengan kenikmatan dunia yang satu prosen diberikan kepada seluruh makhluk sudah begini nikmatnya, sehingga rata-rata kita enggan mati, apalagi dengan kenikmatan di syurga yang tidak dapat dibayangkan.
2. Disamping itu ada juga orang yang menerangkan, bahwa yang dimaksud dengan nikmat besar adalah, nikmat yang tidak disertai usaha, seperti Allah telah menyediakan air susu ibu sebelum anaknya lahir dan lain-lainnya, sedangkan nikmat kecil ialah nikmat yang di sertai usaha, seperti keuntungan dari hasil berdagang, bercocok tanam dan sebagainya.
Perlu diketahui, bahwa lafadz Bismillahirrahmanirrahiim banyak sekali faedahnya, diantaranya ialah sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW : ( Artinya ) : ” Setiap perbuatan yang tidak dimulai dengan membaca Bismillah…. ibarat binatang yang putus ekornya. ” ( Al-Hadist ) .
Maksudnya kurang baik dan kurang sempurna.
Perhatikan kalimat ini, ( Artinya ) : ” Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Dan hanya kepada-Nyalah memohon pertolongan atas segala perkara dunia dan agama. ”
Penjelasannya sebagai berikut:
1. Puji itu ada empat macam, yaitu : Puji Allah kepada Dzatnya, Puji Allah kepada makhluk-Nya , Puji makhluk kepada Allah, dan Puji makhluk kepada makhluk.
Semua pada hakikatnya hak Allah, sebab kebaikan manusia pada hakikatnya Allah jualah yang menciptakannya.
2. Allah yang membuat, mengurus , dan mengatur seluruh alam.
3. Arti agama menurut bahasa, ialah tunduk atau taat. Sedangkan menurut istilah, ialah :
” Hukum yang disyariatkan oleh Allah melalui lisan Nabi – Nya. ”
Agama disebut juga : millah, syara’ dan syariat.
” Semoga Allah melimpahkan Rahmat dan Keselamatan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad pemungkas para Nabi : Juga kepada keluarga dan semua sahabatnya. Dan tiada daya upaya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Dzat Yang Maha Luhur lagi Maha Agung. ”
Penjelasannya sebagai berikut:
1. Dengan memohon Rahmat dan salam atas Nabi tidak berarti Nabi Muhammad kurang dirahmati oleh Allah, melainkan sebagai tafa’ul yaitu mengharapkan limpahannya, agar kita pun mendapat Rahmat dan salamnya.
2. Yang dikatakan keluarga Nabi Muhammad SAW itu mencakup keluarga rumah tangganya dan setiap orang yang takwa yang mengikuti agamanya.
3. Ucapan Hauqalah adalah ucapan keikhlasan, bahwa kita merasa tidak kuat bertakwa melainkan dengan pertolongan Allah, sedangkan perbuatan maksiat adalah timbul ajakan hawa nafsu kita.
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : ILMU FIQIH ( Safinatunnaja ) . Oleh : Syekh Salim Ibnu Samir Al-Hadhrami. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA