YANG MEMBATALKAN SHALAT Posted on February 24, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Yang membatalkan shalat ada empat belas yaitu : Keluar Hadast, kejatuhan najis jika tidak dibuang seketika tanpa diangkat , terbuka aurat jika tidak ditutup seketika , mengucapkan dengan dua huruf atau satu huruf yang mengandung arti serta disengaja ( seperti : qi = jaga olehmu! ), mengerjakan yang membatalkan puasa dengan sengaja , makan yang banyak dalam keadaan lupa , anggota badan bergerak tiga kali terus menerus walaupun karena lupa ( dianggap melalaikan shalat, dan tidak bersungguh-sungguh ), melompat terlalu jauh ( bergerak seluruh anggota atau sebagian besar dari badan yang tidak diperlukan ) , memukul yang keras, menambah rukun fi’li ( seperti menambah rakaat ) dengan sengaja, mendahului imam dengan dua rukun perbuatan ( fi’li yang panjang atau pendek ) , tertinggal oleh Imam dengan dua rukun tanpa udzur ( sakit dan sebagainya )
Penjelasan :
1. Contoh mendahului imam , seperti ketika imam masih berdiri makmum rukuk, ketika imam akan rukuk makmum berdiri i’tidal, ketika imam bangkit dari rukuk akan i’tidal, makmumnya sujud.
2. Contoh ketinggalan dengan dua rukun, seperti imam rukuk, terus i’tidal, dan ketika imam akan sujud, makmum baru akan rukuk, atau makmum masih duduk antara dua sujud sedangkan imannya sudah berdiri dan akan rukuk, makmum baru akan sujud kedua.
Berniat akan membatalkan shalat, menangguhkan , membatalkan shalat dengan sesuatu ( seperti apabila saudaraku datang, aku akan batalkan shalat ini dan sebagainya ), dan merasa ragu – ragu dalam membatalkannya.
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : ILMU FIQIH ( Safinatunnaja ). Oleh : Syekh Salim Ibnu Samir Al-Hadhrami *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA