UDZUR SHALAT Posted on February 22, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Halangan ( Yang membolehkan meninggalkan ) shalat pada waktunya, ada dua yaitu : Tertidur dan Terlupa. Penjelasannya sebagai berikut :
1. Halangan tersebut tidak berdosa, kecuali jika menyengaja tidur atau mengerjakan pekerjaan berat padahal waktu shalat sudah tiba atau melalaikannya sehingga waktunya habis.
2. Rasulullah SAW bersabda, ( Artinya ) : ” Barangsiapa tidur sampai meninggalkan shalat atau lupa terhadap shalat, maka shalatlah ia bila telah ingat ( bangun ) . ( HR : Syaikhan ).
Hadist ini menunjukkan wajib mengqadha shalat.
3. Banyak tidur mengakibatkan rezeki berkurang.
Rasulullah SAW bersabda, ( Artinya ) : ” Tidak dapat menolak akan qadha Allah kecuali doa, tidak dapat menambah umur kecuali berbuat kebaikan dan sesungguhnya seorang laki-laki akan dihalangi rezekinya sebab berbuat dosa, terutama dosa berdusta. ” ( HR : Turmidzi dan Al-Hakim ).
4. Hal-hal yang menimbulkan kefakiran ( kemiskinan ), diantaranya ialah : banyak tidur, tidur dalam keadaan telanjang, makan dalam keadaan berhadas junub, membakar kulit bawang , menyapu rumah pada malam hari, tidak membersihkan bagian dalam rumah , berjalan didepan orang tua, memanggil ibu dan bapak dengan namanya , melalaikan shalat , menjahit pakaian sambil dipakai, cepat – cepat keluar dari Masjid , melambatkan pulang dari pasar, tidak mencuci alat-alat makan dan minum, memadamkan lampu dengan tiupan mulut , menyisir rambut dengan sisir yang pecah , malas mendoakan kedua orang tua , tidak mau memberi orang yang minta – minta padahal mampu, berfoya-foya dan lain-lain.
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : ILMU FIQIH ( Safinatunnaja ). Oleh : Syekh Salim Ibnu Samir Al-Hadhrami *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA