RUKUN ISLAM Posted on February 24, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Rukun Islam ada lima perkara, yaitu : ” Bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad itu utusan Allah, mengerjakan shalat , mengeluarkan zakat , puasa pada bulan Ramadhan , dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah. ”
Penjelasan sebagai berikut :
1. Lima perkara tersebut adalah tiang agama Islam, disamping itu masih banyak lagi hukum Islam sebagai cabang dan rantingnya.
2. Arti Islam menurut bahasa ialah patuh, tunduk. Sedangkan menurut istilah, ialah : Mematuhi ( tunduk ) atas semua hukum syara’ .
3. Kewajiban orang mukmin ialah, mengiktikadkan bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha Esa, Tunggal , tiada berserikat dengan lainnya, yang Maha Sempurna dan Maha Suci dari segala macam sifat kekurangan. Dan mengiktikadkan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah manusia yang termulia, yang baik segala tingkah laku dan ucapannya, lahir maupun bathinnya juga dijadikan oleh Allah sebagai contoh teladan bagi seluruh umatnya yang taqwa kepada Allah.
4. Setiap orang yang membaca dua kalimah syahadat disebut muslim, walaupun belum mengerjakan rukun Islam yang lainnya, hanya belum benar keislamannya.
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : ILMU FIQIH ( Safinatunnaja ). Oleh : Syekh Salim Ibnu Samir Al-Hadhrami *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA