RUKUN IMAN Posted on February 24, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Rukun iman ada enam, yaitu :
1. Percaya kepada Allah
2. Percaya kepada malaikat – malaikat-Nya
3. Percaya kepada kitab – kitab-Nya
4. Percaya kepada para Rasul-Nya
5. Percaya kepada hari akhir
6. Percaya kepada takdir, baik dan buruk dari Allah SWT
Penjelasannya sebagai berikut :
1. Yang dimaksud dengan iman disini ialah, membenarkan kepada segala ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT.
2. Keimanan kepada Allah ada beberapa derajat atau tingkatan, seperti :
a. Imam taklid yaitu, percaya kepada Allah hanya berdasarkan perkataan orang lain, tidak mengetahui dalil-dalilnya sebagaimana yang diterangkan dalam ‘aqaid iman yang duapuluh sifat itu.
Bagi setiap orang mukmin diwajibkan mengetahui aqaid iman berikut dalil-dalil yang menunjukkan adanya Allah dan sifat – sifat-Nya, sehingga dapat mencapai kepada derajat iman yang nomor dua .
b. Iman berdasarkan ilmu yaitu, mengetahui aqaid iman berikut dalil-dalil yang duapuluh sifat itu.
c. Iman ‘iyan, yaitu, keimanan orang yang ma’rifat ( mengenal Allah ) sehingga hatinya selalu ingat kepada Allah dan merasa dilihat oleh-Nya kemana dan dimana pun dia berada. Tingkatan iman ini disebut : Iman yakin dan muraqabah.
d. Dan lain-lainnya yang lebih tinggi dari itu, yaitu , keimanan para Nabi dan para wali Allah

3. Adapun malaikat ialah, makhluk Allah yang halus sebangsa cahaya, bukan laki – laki atau perempuan, tidak ber-ibu atau berbapak, tidak makan dan tidak minum atau tidur, selamanya beribadah kepada Allah.
4. Percaya kepada kitab Allah yaitu : Bahwa Allah telah menurunkan kitab-Nya melalui para Rasul-Nya untuk dijadikan pedoman hidup oleh seluruh manusia . Semua kitab Allah itu ada 104 buah. Yang wajib diketahui nama – namanya hanya empat kitab, yaitu : Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud as, kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as, kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa as dan Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
5. Percaya kepada Rasulullah dia adalah orang laki – laki yang diberi wahyu oleh Allah untuk disampaikan kepada umatnya, agar dijadikan pedoman hidup untuk beribadat kepada Allah. Semua Rasul itu ada 314 atau 315 orang yang wajib diketahui nama -namanya ada 25 Rasul.
6. Percaya kepada hari Kiamat yaitu : Percaya bahwa kehidupan dunia ini tidak kekal, nanti ada penghabisannya yaitu hari ketika seluruh alam ini hancur. Kemudian diikuti oleh hari Akhirat yaitu hari ( kehidupan baru ) dimana seluruh manusia ini akan dihidupkan kembali guna menerima seluruh pembalasan amal perbuatannya waktu didunia. Hari Akhirat adalah hari yang kekal, tidak akan ada ujungnya.
7. Percaya kepada takdir Allah, yaitu mengiktikadkan bahwa sebelum Allah menciptakan dunia berikut seluruh manusia ini. Dia telah membuat ketentuan untuk hidup, mati , kaya, miskin, sakit , umur dan lain – lainnya yaitu, yang disebut qadha Allah. Kemudian kita sekarang hidup didunia, untuk memenuhi ketentuan Allah pada zaman Azali sedangkan keadaan sekarang ini disebut takdir Allah. Baik dan buruknya nasib kita atas ketentuan Allah. Hanya kita wajib berikhtiar sebab berakal.
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : ILMU FIQIH ( Safinatunnaja ). Oleh : Syeikh Salim Ibnu Samir Al-Hadhrami *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA