BERSUCI DENGAN BATU ( ISTINJA ) Posted on February 26, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Syarat-syarat boleh bersuci dengan batu, ada delapan yaitu :
1. Hendaknya dengan menggunakan tiga buah batu ( ujungnya )
2. Hendaknya dapat membersihkan tempat najis ( pada tempat najisnya ini tidak ada bukti najis )
3. Tidak ( belum ) kering najisnya
4. Najisnya tidak berpindah-pindah ( dari tempat keluarnya ).
5. Najisnya tidak tertimpa oleh najis lainnya.
6. Najisnya tidak melampaui arah, samping lubang dubur ( bagi yang buang air besar ) dan tidak melampaui ujung dzakar bagi orang yang buang air kecil.
7. Najisnya tidak terkena air
8. Keadaan batunya harus suci.
Penjelasan :
Bersuci dengan batu atau benda keras merupakan keringanan, yang terbaik adalah dengan air. Yang terbaik lagi adalah dengan batu lalu dengan air.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
” Bersucilah kamu dengan tiga buah batu. ”
Dan sabdanya : ” Kebanyakan siksa kubur disebabkan buang air kecil. ” ( HR : Abu Daud ). Maksudnya, tidak bersuci sesudah buang air kecil, demikian pula sesudah buang air besar.
Akhirnya , semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rasul paling Agung, yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW. Nabi Muhammad pamungkas para Nabi,juga kepada keluarga dan semua sahabatnya. Dan tiada daya upaya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Dzat Yang Maha Luhur lagi Maha Agung.
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : ILMU FIQIH ( Safinatunnaja ). Oleh : Syekh Salim Ibnu Samir Al-Hadhrami *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA