BERBAKTI KEPADA IBU BERBAKTI KEPADA AYAH Posted on February 22, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW dan berkata : ” Wahai Rasulullah, aku telah menggendong ibuku sejauh delapan kilometer, pada cuaca yang sangat panas, yang sekiranya aku melempar beberapa potong daging, maka daging itu akan matang. Apakah dengan hal itu aku telah melakukan baktiku kepadanya? ”
Mendengar penuturan laki-laki itu, Rasulullah SAW bersabda : ” Barangkali itu baru sama dengan satu kali hentakan ( saat melahirkan ) “.
***
Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW dan berkata : ” Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku perlakukan dengan baik? ”
” Rasulullah menjawab : ” Ibumu .”
” Orang itu bertanya : ” Kemudian siapa ? ” Rasulullah menjawab : ” Ibumu “. Ia bertanya lagi :
” Kemudian siapa ? ” Rasulullah menjawab :
” Ibumu “. Dengan penuh penasaran laki-laki itu bertanya lagi:
” Kemudian siapa ? ”
Rasulullah menjawab :
” Ayahmu “.
***
Seorang laki-laki datang menemui Rasulullah SAW dengan membawa seorang laki-laki tua. Beliau bertanya kepadanya : ” Siapakah orang yang bersamamu ini ? ”
Laki-laki itu menjawab : ” Dia ayahku . ”
Rasulullah berkata : ” Janganlah engkau berjalan didepannya, jangan duduk dihadapannya , jangan panggil ia dengan dengan namanya, dan jangan engkau samakan dia dengan sesuatu. ”
***
Perhatikan Hadist Nabi SAW berikut ini, ( Artinya ) : ” Setiap dosa akan diakhirkan oleh Allah sekehendak-Nya sampai hari Kiamat, kecuali dosa mendurhakai orang tua. Sesungguhnya Allah akan menyegerakan balasan kepada pelakunya didalam hidupnya, sebelum ia mati. ” ( HR : Hakim dan Al-Asfahani ).
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : KISAH PENGHIBUR HATI . Oleh : Sarwanto Adhi Soewarno *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA