BAGAIMANA MELIHAT ALLAH Posted on February 23, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Suatu saat seorang yang pandai berbicara dan beragumentasi bertanya kepada Ali bin Abu Thalib ra tentang keberadaan Tuhan.
” Wahai Amirul Mukminin, apakah anda melihat Tuhanmu ? ”
Ali bin Abi Thalib menjawab : ” Jelas aku melihatnya, mana mungkin aku menyembah Tuhan yang tidak aku lihat. ”
” Kalau begitu bagaimana anda melihat Tuhan ? ” Orang itu bertanya lagi.
Ali bin Abi Thalib menjawab : ” Tuhan tidak dapat dilihat dengan mata ( inderawi ), tetapi Dia dapat dilihat dengan mata ( hati ) yang penuh dengan hakikat kebenaran.
” Sesungguhnya Tuhanku tidak disifati dengan jauh, bergerak, diam, berdiri, datang dan pergi. Dia berada di dalam segala sesuatu tetapi tidak bercampur. Dia diluar segala sesuatu, tetapi tidak berpisah. Dia diatas segala sesuatu dan tidak sesuatu pun berada diatas-Nya. Dia didepan segala sesuatu, tetapi tidak dapat dikatakan bahwa Dia berada didepan. Dia berada di dalam segala sesuatu tetapi tidak seperti sesuatu didalam sesuatu. Dia diluar segala sesuatu, tetapi tidak seperti diluar sesuatu. ”
Mendengar jawaban Ali bin Abi Thalib, orang itu terkagum-kagum dan berkata : ” Demi Allah, aku tidak pernah mendengar jawaban seperti ini. ”
Akhir dari tulisan ini, akan saya sampaikan perkataan Imam Ghazali : ” Jangan katakan padaku. Bagaimana Dia bersemayam. Bagaimana Dia turun, bagaimana Dia bercerita, dan bagaimana Dia bisa dilihat. Sungguh itu adalah kesia-siaan. Dia tidak mengenal dimana dan bagaimana. Dia-lah pemilik bagaimana yang tersembunyi itu. Sungguh agung Dzat dan sifat – sifat-Nya. Maha Suci Dia dari apa yang kau katakan. ( Imam Ghazali ) .
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip
daribuku : KISAH PENGHIBUR HATI. ( Ketika Nabi dan Sahabat bercerita ). Oleh : Sarwanto Adhi Soewarno *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA