PENCIPTAAN ADAM


Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Adam diciptakan dari saripati yang bercampur air, semacam tanah liat. Setelah itu, Allah membentuk rangka yang sempurna dan, Allah kemudian meniupkan ruh
ketubuh Adam. Ketika Adam telah terbentuk sebagai manusia, kemudian Allah memerintahkan kepada malaikat untuk sujud kepada Adam. Sujud bukan berarti penghambaan malaikat atas Adam, akan tetapi karena atas kemuliaan Adam. Karena Adam diciptakan langsung dari kedua tangan Allah. Juga karena manusia diberi kelebihan, yaitu ilmu yang tidak diberikan kepada Iblis dan malaikat. Kemuliaan manusia ituditerangkan dalam Al-Qur’an.
” Dan ( ingatlah ), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, sungguh Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering dan lumpur hitam yang diberi petunjuk. Maka apabila Aku telah menyempurnakan (kejadian)nya, dan Aku telah meniupkan ruh ( ciptaan ) Ku kedalamnya, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud. “( QS : Al-Hijr : 28-29 ).
Allah SWT juga menjelaskankannya dalam ayat lain : ” Dan sungguh, Kami telah menciptakan kamu, kemudian membentuk ( tubuh ) mu, kemudian Kami berfirman kepada para malaikat, bersujudlah kamu kepada Adam, maka merekapun sujud
kecuali Iblis. Ia (Iblis ) tidak termasuk mereka yang bersujud.” ( QS : A’raf :11-12 ).
Kemudian manusia karena diciptakan Allah dengan kedua tangan – Nya sangat berbeda dengan makhluk yang lainnya seperti Iblis dan malaikat, yang dicipta dengan proses alamiah atau KUN FAYAKUN diungkap oleh Allah dalam dialog – Nya dengan Iblis : Allah SWT berfirman, Hai Iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Kuciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu ( merasa ) termasuk orang – orang yang ( lebih ) tinggi? ” ( QS : Shaad:75 ).
Saya akhiri tulisan religius ini, terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : INDAHNYA MATI. Oleh : Dr. Muh. Mu’inudinillah Basri,Lc.MA. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
*Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA