MAKANAN DAN MINUMAN PARA PENGHUNI NERAKA Posted on January 27, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Makanan para penghuni Neraka, seperti apa yang dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an adalah Dhari, Ghislin, dan Zaqqum. Dhari adalah jenis tumbuhan kering dan beracun, tidak bisa membuat gemuk dan tidak bisa menghilangkan lapar. Allah SWT berfirman, ( Artinya ) : ” Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri ( Dhari ), yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar. ” (QS : Al-
Ghasiyah : 6-7 ) .
Sedangkan Ghislin adalah nanah ahli Neraka ,yang keluar dari tubuh mereka. Allah SWT berfirman, (Artinya ) : ” Maka tiada seorang teman pun baginya pada hari ini disini (yaitu bagi orang yang menerima kitab catatan amalnya dari tangan kirinya ). Dan tiada ( pula ) makanan sedikitpun ( baginya ) kecuali dari Ghislin. Tidak ada yang memakannya kecuali orang – orang yang berdosa. ” ( QS : Al Haqqah : 35- 37 )
Zaqqum adalah sejenis buah yang sangat buruk. Sekali pun buruk rupanya, tidak enak rasanya, serta berbau busuk , namun para penghuni Neraka tetap memakannya sehingga perut mereka terisi penuh oleh Zaqqum, karena tidak mendapatkan makanan lain.
Zaqqum adalah pohon yang tumbuh didalam api Neraka, disirami dengan api Neraka, dan menyerap makanan yang berupa api Neraka. Buahnya seburuk kepala syetan.
Nabi Muhammad SAW bersabda, ” Jika satu tetes Zaqqum saja menetes dilautan dunia ini, tentu ia akan merusak penghidupan seluruh penghuni bumi. Lalu, bagaimana dengan orang – orang yang makanannya adalah Zaqqum? “.
Para penghuni Neraka, minumannya adalah Hamim ( air panas )dan Ghassaq ( nanah ). Hammim adalah air yang mendidih hingga pada puncaknya , sedangkan Ghassaq adalah nanah yang keluar dari tubuh ahli Neraka, dari mata mereka dan dari kemaluan mereka. Allah SWT berfirman, ( Artinya ) : ” Sesungguhnya Neraka Jahannam itu ( padanya ) ada tempat pengintai, lagi menjadi tempat kembali bagi orang – orang yang melampaui batas, mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya,mereka tidak merasakan kesejukkan didalamnya dan tidak ( pula mendapat ) minuman selain air yang mendidih dan nanah. ” ( QS : An-Naba : 21-25 ).
Nabi Muhammad SAW bersabda,” Seandainya seember Ghassaq saja dituangkan dibumi, tentu seluruh penghuni dunia ini akan merasakan bau busuk. ” ( Al-Hadist ).
Saya akhiri tulisan religius ini , berjudul tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan (materi) diambil dan dikutip dari buku : INDAHNYA MATI. Oleh : Dr. Muh. Mu’inudinillah Basri , Lc.M. *
***
* Artikel religius inidapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA