ALAM KUBUR DAN BARZAKH Posted on January 28, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Manusia setelah mati, masuklah ia kealam akhirat, dan yang pertama ia lalui adalah alam kubur. Kubur secara fhisik hanya sebagai lubang yang panjangnya dua meter tapi Barzakh hakikatnya adalah lubang dari lubang api Neraka atau taman dari taman syurga. Alam kubur merupakan mukadimah kenikmatan syurga dan mukadimah siksaan Neraka. Dalam alam kubur orang beriman dibukakan untuknya pintu syurga sehingga ia mendapat aroma syurga, dan bagi orang yang durjana alam kubur merupakan mukadimah Neraka, sebagaimana yang Allah katakan tentang siksaan Fir’aun di alam kubur, ” Neraka ditampakkan kepada mereka pagi sore hari , dan pada hari Kiamat dikatakan kepada mereka, ” Masukkan keluarga Fir’aun siksa yang paling dahsyat. ” ( QS : Qashas : 46 :).
Alam kubur juga merupakan alam Barzakh. Secara bahasa, barzakh berarti pemisah antara dua hal. Yang dimaksudkan dengan dua hal tersebut adalah dunia dan akhirat. Alam Barzakh adalah alam yang dilalui ruh setelah kematian hingga terjadinya Kiamat. Keadaan alam barzakh itu tergantung dengan amalan yang ia lakukan ketika ia berada didunia. Jika amalan shaleh mendominasi maka kubur kita akan merasa lapang, terang benderang dan menyenangkan. Jika amalan buruk menjadi keseharian kita maka kubur akan terasa sempit, gelap, pengap, dan mengerikan.
Pada saat ruh manusia telah berada dialam barzakh, Allah akan mengutus dua malaikat untuk menanyakan terkait beberapa hal. Inilah tanya jawab yang akan terjadi antara malaikat dengan orang mukmin.
Orang mukmin akan ditanya ” Siapakah rabbmu? Apa agamamu? Siapa Nabimu? ”
Lantas ia menjawab, ” Rabbku Allah, yang tiada sekutu bagi-Nya. Islam agamaku . Muhammad Nabiku, Nabi terakhir.
Mendengar jawaban itu, malaikat langsung menyahut, ” Engkau benar ! ”
Kemudian malaikat itu mendorong liang kuburan. Mereka meluaskannya, baik dari sisi depan, samping kanan dan kiri , sampai bagian atas kepala dan bagian bawah kakinya. Setelah itu, kedua malaikat itu berkata, ” Lihatlah keatasmu! ”
Ternyata ada pintu terbuka menuju ke syurga, ” Inilah rumahmu, wahai wali Allah, karena ketaatan yang telah engkau lakukan kepada Allah , ” ujar mereka berdua.
Sedangkan untuk orang yang kafir, atau orang yang banyak mengotori jiwanya dengan berbuat maksiat, Allah mengutus Malaikat kepadanya untuk bertanya,” Siapakah Rabbmu? Apa agamu? Siapa Nabimu? “. Sikafir atau si ahli maksiat tadi menjawab terbata-bata, ” Ha…. ha aku tidak tahu. ”
Lalu dikatakan kepadanya, ” Kamu tidak tahu? “. Lalu malaikat itu menyempikan kuburannya, hingga tulang rusuknya saling bertubrukan. Kemudian datanglah yang berwajah buruk dengan aroma busuk, yang berkata, ” Bergembiralah dengan kesedihan. ”
Lalu ia menjawab :” Siapa engkau? ” Ia langsung menjawab :” Aku adalah amalan burukmu didunia. ”
Kemudian malaikat memukulnya, lalu ia berteriak hingga seluruh penghuni alam mendengarnya kecuali Jin dan syetan.
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas
segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : INDAHNYA MATI. Oleh : Dr. Muh. Mu’inudinillah Basri, Lc.MA *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA