AGAR TERHINDAR DARI AZAB KUBUR Posted on January 25, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Azab kubur sangat dahsyat, cukup kedahsyatannya kalau manusia dan jin mendengarnya niscaya mereka mati ketika mendengarnya maka sudah wajar setiap mukmin menanyakan apakah saja yang bisa menghindarkan diri dari azab kubur, Rasulullah Nabi yang sangat sayang dengan umatnya, telah menerangkan hal-hal yang menjaga dari azab kubur, diantaranya :
1. DOA.
Rasulullah menekankan agar seorang mukmin selalu memohon. kepada Allah agar menjaganya dari azab kubur, terutama setelah selesai tahiyyat akhir dalam shalat. Doa yang menjaga dari azab kubur bisa jadi doa seorang untuk dirinya dan bisa juga doa kaum muslimin untuknya maka dalam shalat jenazah disyariatkan untuk mendoakan supaya simayit terjaga dari azab kubur.
2. AMAL SHALEH
Dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, Abdur Razzaq Shan’ani, Al-Hakim bahwa shalat,zakat, puasa, seluruh amal shaleh menjadi penjaga simayit dari arah kepalanya, kakinya dan lain – lain dan dalam Hadist Baihaqi dalam syu’abul iman bahwa surat Tabarak memberikan penjagaan terhadap yang membacanya dari azab kubur.
Berapa lama ruh tinggal dialam barzakh? Mungkin anda bertanya – tanya semacam itu. Jawabnya, tak ada yang tahu kecuali Allah SWT. Yang jelas, kita telah sama – sama memahami, bahwa alam barzakh adalah masa setelah kematian. Berarti ini dihitung sejak hari seseorang meninggal, sampai Kiamat terjadi. Akan tetapi, hari Kiamat itu, bahkan Rasulullah SAW lun tidak tahu. Allah SWT berfirman ( Artinya ) : ” ( Orang – orang kafir ) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari berbangkit, kapankah terjadinya? Siapakah kamu ( sehingga ) dapat menyebutkan ( waktunya )?. Kepada Rabbmulah dikembalikan kesudahannya( ketentuan waktunya ). Kamu hanyalah pemberi peringatan bagi siapa yang takut kepadanya ( hari berbangkit ). Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan – akan tidak tinggal ( didunia ) melainkan ( sebentar saja ) diwaktu sore atau pagi hari. ” ( QS : An Nazi’at : 42-46 ) .
Saya akhiri tulisan religius ini, terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : INDAHNYA MATI. Oleh : Dr. Muh. Mu’inudinillah Basri, Lc.MA. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA