THAHARAH

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Taufik dan Hidayah-Nyalah saya dapat menulis ( menyusun ) artikel religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Kebersihan sangat penting dalam rangka mewujudkan hidup yang sehat. Oleh karena itu, Islam sangat menganjurkan agar umatnya selalu memperhatikan masalah kebersihan tersebut. Salah satu buktinya, ajaran islam mewajibkan agar kita selalu berada dalam keadaan suci dari hadast dan najis jika akan melakukan ibadah seperti shalat, membaca Al-Qur'an , Thawaf , dan lain sebagainya. Mensucikan diri dari hadast dan najis inilah yang disebut dengan Thaharah.
    Kata thaharah menurut bahasa artinya bersuci ( dari kotoran  ). Sedangkan menurut istilah, thaharah berarti membersihkan diri dari segala sesuatu, baik berupa hadast maupun najis.
Thaharah adalah salah satu kewajiban penting dalam agama islam, sebab orang yang melakukannya akan dicintai oleh Allah. Perhatikan Firman Allah SWT : ( Artinya  )  : "... Sesungguhnya Allah menyukai orang - orang yang tobat dan menyukai orang - orang yang mensucikan diri ."  ( QS : Al Baqarah : 222 ) .
    Dalam sebuah Hadist, diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : ( Artinya  )  : " Apabila seorang hamba berwudhu, kemudian berkumur, maka kesalahan - kesalahannya akan keluar dari mulutnya,  apabila membersihkan hidungnya maka kesalahan - kesalahannya akan keluar dari hidungnya, apabila membasuh wajahnya maka kesalahan - kesalahannya akan keluar dari wajahnya hingga keluar dari tepi - tepi kelopak matanya , apabila membasuh kedua tangannya maka kesalahan - kesalahannya akan keluar dari kedua tangannya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya,  apabila mengusap kepala nya maka kesalahan - kesalahannya akan keluar dari kepalanya hingga keluar dari kedua telinganya, apabila membasuh kedua kakinya, maka kesalahan - kesalahannya  akan keluar  dari kedua kakinya hingga keluar dari kuku - kuku kakinya. Kemudian berjalan menuju Masjid dan shalat ( shalat setelah wudhu ) adalah sunah. " ( HR  : Imam Malik, Nasa'i , Ibnu Majah, dan Hakim  ) .
Siapa sih yang tidak ingin segala dosa dan kesalahannya diampuni oleh Allah? .
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : ISLAM AGAMAKU. Oleh : TIM PENYUSUN FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA JOGJAKARTA. *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA