TAHAJUD

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Taufik dan Hidayah-Nyalah saya dapat menulis ( menyusun  )  artikel religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Tahajud berarti bangun dari tidur pada malam hari. Sedangkan bangun itu sangat dirasakan berat. Shalat Tahajud adalah shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari setelah melakukan shalat fardhu Isya sampai menjelang waktu shalat Subuh. Namun shalat Tahajud lebih utama dikerjakan setelah bangun tidur , pada kira - kira sepertiga malam yang terakhir.
    Keutamaan shalat Tahajud sebagai berikut :
1.   Allah menjanjikan kedudukan dan tempat yang mulia dan terpuji bagi siapa saja yang melakukannya
2.   Dapat mempertebal iman
3.   Menjadikan hidup tenang dan pikiran jernih.
4.   Senantiasa dekat dengan Allah
5.   Memperoleh syafaat di Hari Kiamat kelak.
6.   Akan dikabulkan tobat dan permohonan ampunannya.
7.   Memperkuat jiwa dan pribadi seorang muslim
8.   Membentuk pribadi selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah dilimpahkan-Nya.
9.   Mencegah perbuatan maksiat
   Allah SWT berfirman : ( Artinya  )  :  "  Dan pada pertengahan malam ( shalat  ) tahajudlah kamu sebagai ( ibadah  ) tambahan bagimu. Mudah - mudahan Tuhanmu memberikan tempat ( kedudukan  ) yang terpuji. "  ( QS : Al Isra : 79 ) .
   Hukum melaksanakan shalat Tahajud dibedakan menjadi dua sebagai berikut :
1.  Sunah Muakkad ( sunah yang lebih dipentingkan atau dianjurkan untuk dilaksanakan ). Ketentuan sunah muakkad ini berlaku bagi seluruh umat islam. Hal ini didasarkan Hadist Nabi SAW sebagai berikut : ( Artinya  )  :  "  Dari Abu Hurairah ra bahwasanya Rasulullah SAW ditanya orang  : "  Shalat apa yang lebih utama sesudah shalat lima waktu ?  ". Beliau menjawab : "  Shalat malam . " ( HR  : Jamaah kecuali Bukhari ).
2.   Wajib khusus bagi Rasulullah sendiri, karena Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan shalat malam sampai akhir hidupnya. Shalat Tahajud lebih dahulu diawali dengan shalat sunah Iftitah dua raka'at. Seperti termaktub dalam Hadist berikut : ( Artinya  )   :  "  Apabila seseorang diantara kamu berdiri untuk mengerjakan shalat sunah malam ( Tahajud  ) hendaklah ia membukanya ( memulainya ) dengan dua raka'at yang ringan. " ( HR : Ahmad, Muslim dan Abu Daud ).
    Adapun jumlah raka'at shalat Tahajud tidak terbatas. Paling sedikit satu raka'at yang disebut shalat witir. Hal ini berdasarkan Hadist Nabi SAW yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra  : ( Artinya  )  : "  Dari Ibnu Abas, ia berkata : "  Rasulullah SAW mrnyuruh kami melakukan shalat malam dan diapun senang/gemar melakukannya. Beliau berkata : " Lakukanlah shalat malam meskipun  satu raka'at. " ( HR  : Thabrani  ) .
   Akan tetapi, yang biasa dan paling diutamakan oleh Rasulullah SAW adalah sebelas atau tiga belas raka'at, dua raka'at sebelumnya didahulukan dan disebut shalat sunah Iftitah. Sesudah melaksanakan shalat Tahajud, dianjurkan membaca doa shalat Tahajud sebagai berikut :
Antara lain doa yang singkat :  " Rabbanaa atinaa fiddunyaa hasanah wafilaakhiroti khazanah waqinaa adzaabannar. "  ( Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan diakhirat, dan jauhkanlah kami dari siksa Neraka. )
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : ISLAM AGAMAKU. Oleh :  TIM PENYUSUN FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA JOGJAKARTA *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA