SHALAT WITIR

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta hanya kepada-Nya kita memohon ampunan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Shalat witir adalah shalat sunah yang bilangan raka'atnya ganjil, dikerjakan sekurang-kurangnya satu raka'at dan sebanyak - banyaknya sebelas raka'at. Waktu mengerjakannya sesudah shalat fardhu Isya sampai terbit fajar.
   Nabi Muhammad SAW bersabda  : ( Artinya  )  :  " Dari Aisyah, Nabi SAW melaksanakan shalat diantara shalat fardhu Isya sampai terbitnya fajar sebanyak sebelas raka'at. Beliau memberi salam tiap-tiap dua raka'at, dan witir satu  raka'at. "  ( HR  : Bukhari dan Muslim  ) .
   Jumlah raka'at shalat witir sekurang-kurangnya satu raka'at,  dan sebanyak - banyaknya sebelas raka'at. Jadi , boleh 1, 3,  5,  7, atau 11 raka'at.
Dari Nabi Ayub, Nabi SAW bersabda : ( Artinya  )  : "  Witir itu hak, maka barangsiapa yang suka mengerjakan 5 raka'at, kerjakanlah. Siapa yang suka mengerjakan 3 raka'at, kerjakanlah. Dan siapa yang suka mengerjakan 1 raka'at, kerjakanlah. "  ( HR  : Abu Daud dan Nasa'i  ).
   Adapun cara mengerjakannya boleh dua raka'at dua raka'at dan yang terakhir satu raka'at, boleh juga yang terakhir dibuat 3 raka'at satu salam, tanpa memakai  tasyahud awal.
Sesudah mengerjakan shalat witir dianjurkan membaca doa witir sebagai berikut :  "  Subhaanal malikil quddus ( 3 kali ) . Subbuhun quddusun robbunaa warobbul malaikati warruuhi ( 3 kali ). Asyhadu allaa ilaaha illalllah Astagfirullah  Nasaluka ridhoka waljannata wanaudzubika min shahotika wannaar  " ( 3 kali  ).  ( Maha Suci Tuhan Mahadiraja, Maha Suci dari segala noda, Maha Suci dari segala cela. Engkaulah Tuhan kami , Tuhan malaikat , dan Tuhan Ruh. Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, saya memohon ampun kepada Allah. Saya memohon kepadamu, ya Allah , ridha-Mu dan syurga, dan saya memohon perlindungan-Mu dari murka-Mu dan neraka. Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan Maha Mulia. Engkau mencintai permaafan, maka ampunilah aku  ).
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.
Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : ISLAM AGAMAKU. Oleh : TIM PENYUSUN FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA JOGJAKARTA *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA