YAUMUL AKHIR

Hari Kiamat adalah saat hancurnya alam semesta dan berakhirnya seluruh kehidupan didunia, serta datangnya kehidupan yang kekal di Akhirat.
Hari Kiamat disebut juga Hari Akhir atau Yaumul Akhir.
    Hari Kiamat pasti akan datang. Kapan datangnya Hari Kiamat itu? Tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui saat datangnya Hari Kiamat , kecuali Allah. Kita wajib meyakini, bahwa Hari Kiamat itu  akan datang.
      Suasana datangnya Hari Kiamat adalah suasana yang amat luar biasa. Ketika Allah memerintahkan malaikat Israfil untuk meniup Sangkakala ( terompet  ),  maka terjadilah Hari Kiamat.
Allah SWT berfirman  : ( Artinya  )  :  "  Maka apabila Sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlah bumi dan gunung - gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur. Maka pada hari itu terjadilah Hari Kiamat. "  ( QS : Al Haqqah  :  13 - 15 ) .
    Kejadian pada Hari Kiamat sangat dahsyat. Saat itu bumi bergoncang sangat keras. Gunung - gunung terlempar, berterbangan seperti kapas yang ditiup angin. Semua rusak binasa. Manusia sangat kebingungan. Mereka berlarian kian kemari, tak tahu apa yang harus di perbuat. Ayah dan ibu tak kenal lagi dengan anaknya, begitu pula sebaliknya. Kawan dan kenalan tidak berlaku lagi saat itu. Tidak ada yang dapat menolong  dan tidak ada yang dapat ditolong. Yang ada hanyalah orang - orang yang sedang panik memikirkan nasibnya masing-masing.
     Suasana Hari Kiamat ini digambarkan oleh Allah dalam Al-Qur'an :  ( Artinya  )  :  "  Hari Kiamat , apakah Hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah Hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan. "  ( QS : Al - Qari'ah :  1 - 5 ) .
      Akhirnya semua makhluk menemui ajalnya. Tidak ada satupun yang dapat bertahan hidup. Semuanya mati, termasuk malaikat Israfil yang meniup Sangkakala dan malaikat Izrail yang mencabut nyawa. Yang hidup hanyalah Allah Yang Maha Hidup dan Yang Maha Kekal.
      Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                            ***
* Bahan-bahan  ( materi  ) diambil dan dikutip dari buku : AQIDAH AKHLAK. Oleh : Drs Masan Alfat dan Drs Abdul Rosyid *
                            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
                             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
                             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA