SHALAT JAMAK QASHAR

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Taufik dan Hidayah-Nyalah saya dapat menulis ( menyusun ) artikel religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rasul paling Agung, yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Shalat jamak qashar adalah mengumpulkan dua shalat fardhu dalam satu waktu dan meringkas raka’atnya yang semula empat menjadi dua raka’at.
Perhatikan Hadist Nabi SAW dari Ibnu Umar : ( Artinya ) : ” Pernah Rasulullah SAW menjamak qashar shalat maghrib dengan shalat Isya. Beliau laksanakan shalat maghrib tiga raka’at dan Isya dua raka’at dengan satu kali iqamah. ” ( HR : Abu Daud dan Turmidzi ) .
Shalat jamak qashar dapat pula dilaksanakan secara taqdim atau ta’khir. Jika hendak melakukan jamak qashar, umpamanya kita mengumpulkan Ashar dengan Dzuhur, yakni kita tarik shalat Ashar kedalam shalat Dzuhur, maka hendaklah kita sesudah ber-azan dan ber-iqamah mengerjakan shalat Dzuhur dua raka’at, setelah selesai Dzuhur ber-iqamah lagi, sesudah itu mengerjakan shalat Ashar dua raka’at.
Diperbolehkannya seseorang melakukan shalat jamak, qashar, maupun jamak qashar, merupakan ruhshah atau keringanan dari Allah. Maksudnya agar manusia itu tidak meninggalkan shalat fardhu walau dalam keadaan bagaimana pun. Sesungguhnya Allah tidak menghendaki kesukaran pada hamba-Nya, sebagaimana Firman-Nya : ( Artinya ) : “… Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu…” ( QS : Al Baqarah : 185 ) .
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : ISLAM AGAMAKU. Oleh : TIM PENYUSUN FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA JOGJAKARTA. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA