PARA ILMUWAN MUSLIM MAJU DAN BERPRESTASI KARENA BERPEGANG TEGUH KEPADA AL-QUR’AN DAN AL-HADIST

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta hanya kepada-Nya kita memohon ampunan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Tuntutlah ilmu walau sampai kenegri China ! Pembaca tentu sering mendengar ungkapan itu. Kalian tahu maksudnya? Ilmu pengetahuan sangat penting artinya bagi kehidupan manusia. Ilmu jauh Lebih Berharga daripada harta kekayaan, karena harta kekayaan yang kita miliki harus dijaga, sedangkan ilmu tidak. Orang yang memiliki ilmu tidak perlu menjaga ilmunya, tetapi justru sebaliknya ia akan di Jaga Oleh Ilmunya.
Dengan ilmu , kita bisa menjadi orang yang tinggi derajatnya. Dan, dengan ilmu kita dapat menguasai dunia! Karena itulah, Islam mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu walau sampai kenegeri China, walau sampai keujung dunia!
Seperti dikatakan diatas, umat islam maju karena mereka berpegang teguh terhadap agamanya dan umat islam mundur karena mereka meninggalkan agamanya. Begitulah sejarah telah membuktikannya.
Pada masa kejayaan Islam dahulu, umat islam betul – betul berpegang teguh kepada ajaran agamanya sehingga mereka menjadi pioner kemajuan peradaban. Prestasi ilmiah peradaban muslim benar-benar mengejutkan. Metode ilmiah , sebagaimana dipahami orang sekarang, sebetulnya diperkenalkan oleh para peneliti besar muslim. Dapat dibuktikan bahwa yang mengubah matematika kedalam bahasa sains adalah seorang muslim. Al Khawarizmi menemukan logaritma dan aljabar, temuan ini terdapat dalam bukunya yang berjudul Kitab Al-Jabr wa al-muqabala ( Kitab Aljabar dan Perbandingan ).Melalui buku ini 300 tahun kemudian dunia Barat berkenalan dengan angka nol dan mengadopsi angka – angka Arab. Abu Wala mengembangkan trigonometri dan geometri bola , menampilkan tabel sinus dan tangen, serta menemukan variasi – variasi dalam gerakan bulan. Umar Khayyam telah memecahkan persamaan pangkat tiga dan empat melalui kerucut-kerucut yang merupakan suatu prestasi aljabar tertinggi dalam matematika modem. Al Battani diakui sebagai astronom terbesar Islam dalam mengukur jarak matahari sehingga hanya selisih 24 detik dari angka yang diakui dewasa ini. Jabir Ibnu Hayyan menemukan sejumlah perlengkapan laboratorium, memperkenalkan sistem penyulingan air,mengidentifikasi berbagai alkali, asam, garam, mengolah asam sulfur, soda api, asam nitrihidrokhlorik untuk melarutkan logam, dan telah menemukan air raksa. Dan, masih banyak lagi para ilmuwan Muslim yang menunjukkan bahwa mereka maju dan berprestasi karena berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Al-Hadist.
Nah, sidang pembaca. Bagaimana dengan kita? Mari kita bangkit dari tidur panjang kita dan segera menggali Al-Qur’an agar bisa seperti mereka.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : ISLAM AGAMAKU. Oleh : TIM PENYUSUN FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA JOGJAKARTA. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA