KHULAFAUR RASYIDIN

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Taufik dan Hidayah-Nyalah saya dapat menulis ( menyusun  ) artikel religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Pada tulisan saya terdahulu saya pernah menyampaikan setentang Sejarah Pembukuan Mushaf Al-Qur'an dan Al-Hadist, baik pada masa Rasulullah SAW maupun pada masa Khulafaur Rasyidin. Pada masa Rasul, semua ayat Al-Qur'an yang diturunkan melalui malaikat Jibril dihafal oleh Nabi SAW sendiri lalu disampaikan kepada para Sahabat dan ditulis oleh para Sahabat pada kulit binatang,pelepah kurma, dan tulang-tulang binatang. Salah satu penulis Al - Qur'an yang terkenal adalah Zaid bin Tsabit.
   Pada masa Abu Bakar, semua tulisan Al-Qur'an disimpan di rumah Hafsah binti Umar istri Rasulullah. Baru pada masa Usman bin Affan penulisan Al-Qur'an digandakan untuk dikirim kedaerah - daerah.
  Pada masa Rasulullah, tampuk pimpinan umat Islam di kendalikan oleh Rasulullah SAW dan setelah beliau wafat, selanjutnya dipegang oleh KHULAFAUR RASYIDIN.
   Untuk mengetahui apa dan siapa Khulafaur Rasyidin, kita ikuti sepenggal kisah keutamaan Khulafaur Rasyidin sebagai berikut :
   Suatu ketika Khalifah Ali bin Abi Thalib melihat baju zirahnya berada dirumah seorang Yahudi. Ia yakin betul bahwa baju zirah itu miliknya yang dahulu hilang. Ia pun mendatangi si Yahudi dan meminta baju zirah itu. Tentu saja si Yahudi tidak mau menyerahkannya, meskipun Ali sudah menyebutkan dengan tepat ciri - ciri baju itu. Setelah cukup lama bersitegang, akhirnya keduanya sepakat untuk mengadukan perkara itu kepengadilan.
   Sidangpun berlangsung, dan diakhir persidangan, hakim memutuskan bahwa baju zirah itu milik si Yahudi, bukan milik Ali.
    " Ali, anda tidak bisa menunjukkan bukti - bukti yang kuat."  kata Hakim.
    "  Ya, dan saya puas dengan keputusan ini. " jawab Ali.
Sepulangnya dari pengadilan, si Yahudi yang keheranan dengan kejadian itu berkata : " Seperti inikah Islam, anda seorang Khalifah dan aku seorang Yahudi tetapi justru aku yang dimenangkan? " .
    " Benar. " jawab Ali  : " Karena Islam itu agama keadilan."
    " Kalau begitu aku masuk Islam."  katanya sambil menjabat tangan Ali dan mengucapkan syahadat. Itulah sepenggal kisah tentang keutamaan Khulafaur Rasyidin.
   Sidang pembaca , apa dan siapa Khulafaur Rasyidin , jawabnya adalah : Khulafaur Rasyidin artinya para pengganti yang mendapat petunjuk. Mereka adalah , pribadi pribadi Agung yang menggantikan kepemimpinan Rasulullah SAW  : Abu Bakar Ash Shiddiq , Umar bin Khattab , Usman bin Affan , dan Ali bin Abu Thalib.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : ISLAM AGAMAKU. Oleh : TIM PENYUSUN FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA JOGJAKARTA *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id
atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA