BAGAIMANA MALAIKAT MENGETAHUI BAHWA MANUSIA AKAN MERUSAK DAN SALING MENUMPAHKAN DARAH ?

Assalamualaikum wr wb
Segala puji bagi Allah SWT, shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah SAW, beserta keluarganya, beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Ketika Allah SWT akan menciptakan Adam untuk menjadi Khalifah dimuka bumi.
Allah SWT berfirman :  ( Artinya  )  : " Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat :"  Sungguh Aku hendak menjadikan seorang Khalifah dimuka bumi. "( QS : Al Baqarah :30 ) .
   Mendengar hal tersebut, para malaikat bertanya kepada Allah SWT : ( Artinya  )  : "  Mengapa Engkau hendak menjadikan ( Khalifah  ) dibumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah? Padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji dan mensucikan Engkau? " ( QS : Al Baqarah : 30 ) .
   Namun Allah menjawab pertanyaan para malaikat : ( Artinya  )  : "  Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. " ( QS : Al Baqarah : 30 ) .
     Sidang pembaca, sesuai dengan judul artikel ini tersebut diatas. Ya! Bagaimana malaikat mengetahui bahwa manusia akan merusak dan saling menumpahkan darah ? Bukankah manusia  ( Adam  ) baru akan diciptakan? Ada beberapa versi jawaban mengapa malaikat mengetahui bahwa bangsa manusia akan merusak dan saling menumpahkan darah. Diantaranya  dari pengalaman para malaikat terhadap Jin. Sebab  , jauh sebelum Adam As diciptakan  ( sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Umar dan Ibnu Abbas ) , Allah telah menciptakan Jin. Ternyata mereka melakukan pertumpahan darah. Lalu Allah mengutus para malaikat untuk mengusir mereka hingga kepulauan laut.
   Adapun Hasan Al Basri berpendapat bahwa para malaikat mendapat ilham tentang masalah tersebut. Adapula yang mengatakan bahwa mereka mengetahui perkara tersebut setelah diperlihatkan kepada mereka apa yang terdapat pada Lauhil-Mahfuz.
   Allah SWT menciptakan Nabi  Adam As pada hari Jum'at, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : ( Artinya  )  : "  Sebaik-baik hari yang  matahari terbit padanya adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan, padanya ( hari jum'at  ) dia dimasukkan kedalam syurga, dan pada hari itu pula dia dikeluarkan darinya. Dan Hari Kiamat hanya akan terjadi pada hari Jum'at. " ( HR : Muslim  ) .
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : KISAH PARA NABI. Ibnu Katsir. Penterjemah : Dinvisi Terjemah Kantor Dakwah Al-Sulay. *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA