APAKAH NABI KHIDIR MASIH HIDUP HINGGA KIINI ? ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim
Segala puja dan puji bagi Allah SWT. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Pada Bagian Kedua ini, artikel religius berjudul sesuai tersebut diatas akan saya lanjutkan penulisannya sebagai berikut :
Ibnu Abbas ra berkata  : ( Artinya  )  :  "  Setiap Nabi yang Allah utus niscaya akan Dia ambil sumpah darinya yaitu, apabila telah tiba masa diutusnya  Nabi Muhammad sedangkan dia  ( Nabi tersebut  ) masih hidup maka  mereka harus beriman dan membelanya, lalu Allah memerintahkan Nabi tersebut untuk mengambil janji serupa dari umatnya.  " ( Riwayat ini disebutkan oleh Imam Bukhari ).
    Khidir ,  apakah dia disebut Nabi atau Wali, termasuk dalam perjanjian ini. Maka kalau Khidir dikatakan hidup, sungguh tempat terhormat baginya adalah berada disisi Rasulullah SAW dan beriman kepada ajaran yang Allah turunkan kepadanya serta membelanya agar tidak ada musuhnya yang mencelakakannya. Karena , jika Khidir seorang Wali, Abu Bakar lebih utama darinya, adapun jika dia seorang Nabi, maka Nabi Musa lebih utama darinya. Karena terhadap Nabi Musa As, Rasulullah SAW bersabda  : ( Artinya  )  :  " Demi yang jiwaku ada ditangan - Nya  seandainya Musa ( sekarang ini masih) hidup , tidak ada jalan lain baginya kecuali dia akan mengikuti aku . " ( HR : Ahmad  ).
   Hal ini semakin menguatkan kandungan ayat yang telah disebutkan sebelumnya bahwa para Nabi akan menjadi pengikut Rasulullah SAW jika mereka hidup dimasa beliau. Maka Nabi Isa yang akan turun diakhir zaman, akan berhukum kepada syariat Nabi Muhammad SAW dan tidak akan keluar darinya  padahal dia adalah salah seorang Rasul Ulul Azmi.
   Sebagaimana diketahui bahwa tidak ada riwayat dari sanad yang shahih atau juga Hasan bahwa Khidir bertemu dengan Rasulullah SAW dalam sebuah kesempatan, begitu pula tidak pernah beliau mengikuti peperangan sekalipun.
    Al-Qadhi Abu Ya'la ditanya oleh murid - muridnya tentang Khidir, apakah dia telah wafat ? Beliau menjawab : " Ya! ".  Dia berdalil bahwa seandainya Khidir masih hidup  niscaya dia akan datang menghadap Rasulullah SAW. Sebagaimana dikutip oleh Ibnul Jauzi dalam kitabnya "Al-Ujalah..."
   Jika ada yang mengatakan bahwa Khidir sebenarnya ada, namun tidak ada seorangpun yang melihatnya, maka jawabnya adalah, kemungkinan tersebut tidak dapat dijadikan patokan karena keluar dari kaidah umum dan hanya bersandar dengan persangkaan. Lagi pula apa yang menyebabkannya bersembunyi? Bukankah jika dia menampakkan diri lebih baik baginya, apalagi jika dia ikut berjuang membela syariat dan mengingkari beredarnya Hadist - hadist palsu dan berita-berita bohong lainnya.
Ketiga , sabda Rasulullah SAW : ( Artinya  )  :  "  Apakah kalian menyaksikan malam kalian ini? Sesungguhnya hingga seratus tahun kemudian tidak akan tersisa orang yang sekarang berada di atas muka bumi. " ( HR : Bukhari  ) .
   Hadist ini membantah pengakuan yang menyatakan bahwa Khidir masih hidup.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
           ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : KISAH PARA NABI. Oleh : Ibnu Katsir. Penterjemah : Divisi Terjemah Kantor Dakwah Al-Sulay *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA