APA SAJA MAKANAN DAN MINUMAN YANG HARAM ITU ?

Assalamualaikum wr wb.
Bismillahirrahmanirrahiim
Segala puja dan puji bagi Allah SWT, shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Makanan dan minuman yang haram artinya semua makanan dan minuman yang diharamkan dimakan di larang oleh agama, baik hukumnya maupun keadaannya. Berdasarkan dari sebab-sebabnya, makanan dan minuman yang diharamkan itu dibagi dua macam, yaitu haram Aini dan haram sababi.
1.   Haram 'Aini :  Maksudnya semua makanan atau minuman yang diharamkan itu disebabkan jenis benda dan barang itu sendiri.
Misalnya,  daging babi , bangkai , binatang yang disembelih bukan karena Allah, dan darah. Semuanya  jelas haram untuk dimakan atau diminum.
Didalam Kitab Suci Al-Qur'an, Allah SWT berfirman : ( Artinya  )  :  "  Diharamkan bagimu ( memakan ) bangkai, darah , daging babi, dan (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah "  . ( QS  : Al Maidah : 3  ) .
2.    Haram Sababi : 
Haram sababi artinya haram karena adanya sebab. Maksudnya , segala sesuatu yang diharamkan itu karena cara mendapatkannya dilakukan dengan cara yang tidak halal dan tidak dibenarkan oleh agama Islam. Misalnya, barang-barang hasil curian, korupsi , undian , dan haramnya itu karena tercampur barang yang najis atau barang yang haram.
Adapun bentuk minimum yang diharamkan diantaranya adalah :
1.   Semua jenis minuman yang memabukkan, seperti arak dan racun.
2.   Barang yang haram karena dari binatang yang haram, seperti susu anjing , dan susu babi.
    Begitu pula jenis minuman yang memabukkan dan membahayakan badan serta jiwa manusia, diantaranya :
a.   Benda - benda cair yang mengandung alkohol, seperti bir, brandy, wiski , dan wine. Semua ini disebut Khamar dan haram diminum.
Perhatikan Firman Allah SWT : ( Artinya ) : " Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah :" Pada keduanya itu terdapat dosa besar. " ( QS  : Al Baqarah : 219 ) .
b.   Benda - benda yang bukan dari benda cair, seperti ganja, heroin, morfin, candu, shabu-shabu, dan ekstasi yang dapat memabukkan dan membahayakan badan serta jiwa manusia.
   Adapun makanan dan minuman yang diharamkan dan dianggap tidak baik secara keseluruhan adalah :
1.   Binatang atau makanan yang diharamkan Al-Qur'an, yaitu bangkai, darah , babi, dan sembelihan bukan atas nama Allah
2.   Binatang buas dan binatang pemakan bangkai.
3.   Binatang atau benda yang menjijikkan.
4.   Binatang yang dilarang atau disuruh untuk membunuhnya
5.   Semua makanan dan minuman yang memabukkan dan merusak kesehatan.
    Jadi, itulah makanan dan minuman yang diharamkan. Jika kita memakan atau meminum barang yang haram atau yang kotor, kita akan berdosa. Selain itu, akan mengganggu kesehatan kita, baik jasmani maupun rohani. Misalnya, kita meminum minuman yang memabukkan  maka badan kita akan tidak stabil, kepala pusing, dan pikiran menjadi tidak menentu. Lama kelamaan akan merusak jantung dan saraf. Oleh karena itu, agama Islam melarang atau mengharamkan bagi semua pemeluknya memakan atau meminum barang - barang yang haram.
Dengan demikian, kita sebagai seorang muslim jangan sekali - kali mencoba untuk melanggarnya. Hal ini untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani kita, serta demi menjauhi larangan Allah SWT. Dengan menjauhkan diri dari makanan dan minuman yang diharamkan itu, insya Allah kita akan terhindar dari dosa dan hal-hal yang dapat merusak kesehatan.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
              ***
* Bahan-bahan  ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Oleh : Drs. H. Hasan Baihaqi, Af  *
              ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
              ***
*  Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA