APA DAN BAGAIMANA TANDA-TANDA HARI KIAMAT ITU ?

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim
Segala puja dan puji bagi Allah SWT, shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Semua makhluk akan menemui ajal. Kapan kita akan menemui ajal, kita tidak mengetahui. Walaupun kita tidak dapat mengetahui tibanya ajal kita, tetapi tanda - tanda orang akan menemui ajalnya, sering dapat diketahui. Misalnya, manusia beruban, badannya semakin lemah, sakit - sakitan, mukanya pucat, merupakan tanda ajal sudah dekat. Binatang pun tidak jauh berbeda dengan manusia , binatang juga menjadi tua, sakit, badannya lemah, dan akhirnya mati. Pohon pun, demikian pula rontok daunnya, kering batangnya ,lalu mati.
    Sebagai muslim tentu kita yakin  bahwa  Hari Kiamat pasti akan datang. Walaupun datangnya Hari Kiamat tidak ada orang yang dapat mengetahui, namun tanda - tandanya dapat diketahui. Darimanakah kita dapat mengetahui tanda - tanda Hari Kiamat? Tentu saja kita dapat mengetahui tanda-tanda Hari Kiamat melalui Al-Qur'an dan Hadist Rasulullah SAW.
   Adapun tanda-tanda Hari Kiamat itu ada dua macam, yaitu tanda-tanda kecil ( alamat Sughra ) dan tanda - tanda besar ( alamat Kubra ).
    Tanda-tanda kecil akan datangnya Hari Kiamat antara lain  :
1.   Waktu semakin terasa singkat
2.   Ilmu agama tidak dianggap penting lagi.
3.   Perbuatan maksiat semakin merajalela
4.   Banyak terjadi gempa bumi
5.   Banyak orang miskin menjadi kaya mendadak karena hasil usaha yang tidak halal.
6.   Adanya dua golongan besar yang saling membunuh, tetapi kedua belah fihak sama - sama mengaku dirinya yang benar karena memperjuangkan agama Islam.
7.   Banyak terjadi kekacauan, pembunuhan , dan sebagainya.
8.   Muncul fitnah dimana-mana.
9.   Datangnya Dajjal, yaitu penipu besar yang selalu membujuk manusia untuk mengikutinya, padahal ia kafir dan durhaka kepada Allah.
    Tanda - tanda besar ( alamat Kubra  ) akan datangnya Hari Kiamat, antara lain :
1.   Matahari terbit dari sebelah barat
2.   Munculnya binatang ajaib yang dapat berbicara
3.   Hampir semua manusia menjadi kufur , kecuali sedikit sekali yang tetap beriman
4.   Rusaknya Ka'bah
5.   Datangnya Imam Mahdi, yang akan menegakkan syariat Islam.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : AQIDAH AKHLAK. Oleh : Drs Masan Alfat dan Drs Abdul Rosyid *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
              ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
              ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA