KEJUJURAN MERUPAKAN KONCI SYURGA

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta hanya kepada - Nya kita memohon ampunan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku  sidang pembaca yang terhormat. Sebagai seorang muslim yang baik,kita harus memiliki akhlak yang mulia. Selain itu , kita harus bertingkat laku yang terpuji.  Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :  ( Artinya  )  :  "  Sebaik-baik manusia adalah orang yang bagus akhlak dan budi pekertinya. " . ( HR  : Turmidzi  ).
   Jujur artinya bertindak atau berbicara sesuai dengan keadaan sebenarnya, tiada menambah  atau menguranginya. Oleh karena itu, sifat jujur termasuk sifat yang sangat terpuji dan disenangi Allah.
   Apabila kita berlaku jujur tentu akan disenangi  oleh Allah dan juga manusia. Berlaku jujur itu, bukan saja kepada Allah SWT, melainkan juga terhadap diri sendiri, orang tua , keluarga, guru ,  dan teman - teman.
   Ajaran Islam mengajarkan kepada umatnya agar berbuat dan bertindak dengan jujur. Kejujuran itu merupakan konci masuk syurga.
Nabi Muhammad SAW bersabda  : ( Artinya  )  :  "  Tetaplah antum  berlaku jujur, karena sesungguhnya jujur itu menunjukkan kepada kebaikan, dan sesungguhnya kebaikan itu menuju kesyurga. "  (  HR  : Bukhari  )
   Sebaliknya, apabila kita berlaku tidak jujur dan suka berbohong atau dusta tentu kita akan dimurkai oleh Allah. Selain itu, kita akan dibenci oleh orang lain dan akan dijauhi oleh teman - teman. Karena  setiap perkataan kita tidak akan dipercaya lagi oleh orang lain meskipun perkataan itu benar adanya. Hal ini tentu saja akan merugikan diri sendiri. Oleh karena itu , kita harus menghindari dan menjauh sifat dusta karena dusta merupakan konci masuk Neraka.
    Nabi Muhammad SAW bersabda  :  ( Artinya  )  :  "   Dan jauhkanlah dirimu dari perbuatan dusta karena sesungguhnya dusta itu membawa kecurangan dan kecurangan membawa ke Neraka. "  ( HR  :  Bukhari  ) .
   Selain itu , berkata bohong atau dusta termasuk salah satu sifat orang munafik  yang sangat tercela dalam agama Islam.
   Rasulullah SAW bersabda : ( Artinya  )  : "   Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. Apa bila berbicara dia dusta, apabila berjanji dia mengingkari , dan apabila dipercaya dia berkhianat. "  ( HR  : Muttafaqun Alaih  ) .
  Maukah antum disebut orang munafik? Tentu saja tidak. Oleh karena itu , antum harus memiliki sifat jujur dan menjauhkan diri dari sikap berbohong atau berdusta.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Oleh : Drs Masan Alfat dan Drs Abdul Rosyid *
              ***
Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
              ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
              ***







Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA