SYURGA DAN NERAKA ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta memohon ampunan-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita , junjungan umat , Nabi termulia, Rasul paling Agung , yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Pada Bagian Kedua ini, artikel religius berjudul sesuai tersebut diatas akan saya lanjutkan penulisannya sebagai berikut :  Rasulullah SAW bersabda : ( Artinya  )  :  ( Kenikmatan syurga merupakan kenikmatan ) yang belum pernah dilihat oleh mata , belum pernah didengar oleh telinga dan tidak akan terlintas dalam hati manusia.  " ( Al-Hadist  ) .
    Firman Allah SWT kepada ahli syurga kelak di akhirat : ( Artinya  )  : "   Hai hamba-hamba-Ku, tiada kekhawatiran pada diri kalian hari ini dan tidak pula kalian bersedih hati. ( Yaitu  ) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami dan mereka dahulunya mereka adalah orang-orang yang berserah diri. Masuklah kalian kedalam syurga, kalian dan istri - istri kalian digembirakan. Diedarkan kepada mereka piring - piring dari emas dan bejana-bejana ( dari emas pula  ) dan didalam syurga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap  ( dipandang  ) mata dan kalian kekal didalamnya. Dan itulah syurga yang diwariskan kepada kalian, disebabkan amal-amal shaleh yang dahulu kalian kerjakan. Didalam Syurga itu ada buah-buahan yang banyak untuk kalian, dan daripadanya kalian makan. " ( QS  :  Az-Zukhruf :  68  - 73 ) .
   Kehidupan dalam syurga sungguh menyenangkan, bahkan buang kotoran sudah tidak  ada,  Nabi SAW  bersabda  : "   Ahli syurga makan dan minum ( sekehendaknya ) dan mereka tidak buang air kecil dan besar, tidak ingusan , tidak meludah . Mereka selalu memuji  dan mensucikan Allah sebagaimana mereka selalu bernafas. Makanannya selalu diserap oleh perutnya ( dan hancur  ), keringatnya wangi laksana kasturi.  " ( HR  : Muslim  ) .
  Dilihat dari bangunannya,
terdapat delapan macam syurga :
1.   Daruljalal ,  yaitu mahligai , gedung dan isinya terdiri atas cahaya yang gemerlapan dan berkilauan.
2.   Darulqoror, segala isi, gedung dan lain lainnya dari Marjan.
3.    Darussalam , segala isi,  gedung dan lainnya terbuat dari yakut.
4.    Jannatu 'Adn, segala isinya dari jabarjud.
5.    Jannatul Ma' wa, segala isinya dari emas.
6.    Jannatul  Khulud, segala isinya dari perak.
7.    Jannatul Firdaus , segala isinya dari mutiara.
8.     Jannatun Na'im, segala isinya dari zamrud.
        ( Dari Tafsir Ruhul Bayan, juz 1 , hal 82 ) .
   Mengenai mereka Allah SWT berfirman  :  ( Artinya  )   :  "  Dan sesungguhnya Jahannam itu disediakan bagi seluruh orang yang sesat. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu setiap pintu disediakan bagi golongan yang tertentu dari mereka. " ( QS  :  Al-Hijr : 43  - 44 ) .
   Ketujuh pintu itu ialah  : 1 .  Neraka Jahannam, tempat orang mukmin yang durhaka. 2.  Neraka Huthamah , tempat kaum Nasrani. 3.  Ladha, tempat kaum Yahudi. 4
. Neraka  Sa'ir , tempat kaum Sa'biun ( penyembah binatang ). 5. Neraka  Saqar , tempat kaum Majusi. 6. Neraka Jahim , tempat ksum Musyrikin .  7.  Neraka Hawiyah , tempat kaum Munafik.  " ( Dari Tafsir  Ruhul Bayan juz 1V, hal 470 ).
    Sebagai perbandingan perlu diketahui tentang siksaan yang paling ringan, yaitu sabda Nabi Muhammad SAW   :  ( Artinya  )  : "   Siksaan yang paling ringan di  Neraka pada hari Kiamat yaitu orang yang kedua telapak kakinya menginjak dua buah bara api neraka sehingga dengan kedua bara itu mendidih otaknya. "  ( HR  : Muslim  ) .
   Allah SWT menunjukkan dua jalan, bahagia di syurga atau jalan celaka di Neraka  jalan yang baik harus dihias oleh prilaku taqwa, sedangkan jalan kecelakaan mudah dicapai melalui pelanggaran. Marilah kita memohon taufik dan Hidayah-Nya, agar kita mampu melaksanakan tugas sebagai. manusia yang diridhai Allah SWT, dan mudah-mudahan kita termasuk orang yang memilih jalan yang baik. Aamiin ! Aamiin Ya Rabbal Aalamin.
  Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini , berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Kedua. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan judul baru tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : HIMPUNAN KHUTBAH. Seri 1. Oleh : H. Moch. Anwar. *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
             ***
*Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA