PAHALA PUASA SENIN KAMIS

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius ini  sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Dalam beberapa keterangan  ( ayat dan hadist ) kita telah mengetahui mengenai besarnya pahala melakukan puasa dibulan Ramadhan. Sebab jelas bahwa puasa Ramadhan itu merupakan kewajiban yang harus di lakukan yang justru iapun termasuk rukun Islam. Sudah  diterangkan bahwa pahala puasa itu adalah langsung dari Allah SWT sendiri. Sebab ibadah puasa mempunyai nilai yang sangat tinggi dibanding dengan ibadah - Ibadah yang lain. Begitu pula melakukan ibadah puasa - puasa sunnah. Ada beberapa puasa sunnah yang patut kita ketahui, sebagai berikut :
1.    Puasa Senin Kamis
2.    Puasa Ayyaamul Biidh
3.    Puasa Muharam
4.    Puasa hari Tarwiyah
5.    Puasa hari Arafah
6.    Puasa Rajab
7.    Puasa 6 hari Syawal , dan
8.    Puasa 10 hari Dzulhijjah
   Semua itu kalau kita lakukan tentu akan memperoleh Keutamaan ( Fadhilah ) dan pahala dari Allah. Sebab jelas puasa - puasa sunnah itupun telah di syariatkan oleh Rasulullah SAW.
    Untuk sistematisnya, baiklah kita ketengahkan secara urut pada nomor ini, yaitu mengenai pahala Puasa Senin Kamis.
Puasa  senin kamis ini telah di syariatkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana warta Aisyah ra sebagaimana warta 'Aisyah ra berkata :  ( Artinya  )  :  "  Adalah Rasulullah SAW memperhatikan puasa Senen dan Kamis. " ( HR : Turmidzi  ).
   Hadist tersebut menyatakan, bahwa Rasulullah SAW sangat memperhatikan puasa Senen Kamis, yakni beliau senantiasa melakukannya. Didalam Hadist Nabi yang lain ada disebutkan, bahwa Nabi SAW pernah ditanya  : " Mengapa Nabi Muhammad SAW melakukan puasa Senen Kamis? "  Beliau menjawab  :  "  Sebab hari Senen merupakan hari kelahiranku, hari saya diutus dan hari dimana Al-Qur'an diturunkan kepadaku . "
    Demikianlah sebagaimana warta dari Abi Qatadah ra, bahwasanya Rasulullah SAW ditanya mengenai puasa Senen? Maka beliau bersabda :  "  ( Artinya  )   :  "  Itu hari saya dilahirkan, dan hari saya diutus dan diturunkan Al-Qur'an kepadaku pada hari itu juga.  " ( HR  : Muslim ) .
  Adapun pahala puasa Senen Kamis itu adalah sebagaimana disebutkan dalam Hadist Nabi SAW : (Artinya  )  : "   Warta dari Abu Hurairah ra , dari Rasulullah SAW bersabda : " Amal perbuatan itu diperiksa tiap hari Senen dan Kamis, maka saya suka diperiksa amalku, dimana saya sedang berpuasa. " ( HR : Turmidzi ) .
  Dari Hadist diatas memberikan pengertian, bahwa keutamaan atau pahala puasa Senen Kamis itu agar disaat itu amal yang dilaporkan oleh malaikat kepada Allah SWT adalah amal perbuatan yang baik, sebab sedang berpuasa.
   Karena puasa Senen Kamis ini merupakan amal kesunnahan, maka seyogyanya sekali kita melakukannya. Bahkan kadang -kadang sebagian orang jika mempunyai hajat, agar hajatnya dikabulkan kecuali ia usaha kadang - kadang juga disertai dengan melakukan puasa Senen Kamis dan kenyataannya Allah SWT juga berkenan mengabulkannya.
Demikian keutamaan puasa Senen Kamis.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : LAUTAN PAHALA. Oleh : M. Ali Chasan Umar.  *
            ***
*Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA