PAHALA IMAN ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim- Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta memohon ampunan-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku  sidang pembaca yang terhormat. Iman adalah percaya dalam hati  ( tanpa terpengaruh atau karena ikut - ikutan pada orang lain ) dan mengikrarkan dengan lisannya serta melakukan perbuatan dengan anggota badan. Adapun iman disini adalah mempercayai  adanya Allah , para Malaikat - Nya, Kitab - kitab-Nya , para Rasul - Nya , Hari Kiamat dan Qadar Allah , baik dan buruknya dari Allah.
   Demikianlah pengertian iman sebagaimana disebutkan dalam Hadist Nabi  : ( Artinya  )  : "  Yang dinamakan Iman ialah  :  1 .  Percaya akan adanya Allah. 2.  Percaya adanya Malaikat - malaikat-Nya. 3. Percaya adanya Kitab - kitab-Nya. 4.  Percaya kepada para Utusan Allah.  5.  Percaya akan adanya Hari Kiamat. 6. Percaya adanya Qadar ( baik dan buruknya dari Allah  ). " ( HR  : Muslim  ).
   Dan keenam kepercayaan dalam iman itulah yang disebut Rukun Iman. Kewajiban kita yang pertama kali sebagai manusia adalah beriman kepada Allah. Setelah itu beriman kepada yang lain yang jelas telah diperintahkan dalam Al-Qur'an dan Al-Hadist.
   Imam Ibnu Tuslan dalam Azzubad mengatakan :  "  Kewajiban pertama kali bagi manusia, adalah mengetahui ( ma'rifat  ) kepada Allah ( beriman  ) dengan yakin ( tentang adanya Allah  ) "
    Dengan iman inilah manusia akan memperoleh martabat yang tinggi dan tingkatan yang mulia disisi Allah. Sehingga siapa saja yang beriman kepada Allah dan para Rasul - Nya maka akan memperoleh pahala yang besar.
   Allah SWT berfirman dalam kitab suci Al-Qur'an : ( Artinya  )  :  "   Karena itu berimanlah kepada Allah dan Rasul - rasul-Nya jika kamu beriman dan bertaqwa maka bagimu pahala yang besar. "  ( QS  : Al - Imran  : 179 ) .
   Berdasarkan ayat tersebut, maka jelaslah bahwa dengan keimanan seseorang akan memperoleh pahala yang besar. Didalam Al-Qur'an Allah telah menjanjikan dengan tegas kepada orang - orang yang benar-benar beriman baik laki-laki maupun perempuan akan diberi pahala berupa : Syurga, yaitu suatu tempat di alam akhirat kelak yang penuh dengan segala macam kesenangan, ketenangan, kesejahteraan dan kenikmatan yang kekal abadi selama - lamanya. Dan itulah merupakan pahala yang terbesar dan kenikmatan yang hakiki. Sebab kalau kita jumpai manusia-manusia didunia yang sudah tercukupi segala - galanya, punya rumah yang megah, punya perusahaan yang berkembang pesat, punya segala macam model mobil mewah, punya istri yang cantik dan seterusnya... sehingga ia sudah merasa puas, ia merasa tenang dan tenteram, merasa bahagia dan merasa nikmat. Tapi itu semua adalah merupakan kepuasan, ketenangan , ketentraman , kebahagiaan dan kenikmatan yang yang hanya sementara. Jadi kepuasan, kesenangan , kebahagiaan dan kenikmatan yang hakiki hanyalah di Syurga. Inilah sebagai pahala orang yang benar-benar beriman, yang telah dijanjikan Allah :  ( BERSAMBUNG ).
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri dulu tulisan ini, berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : LAUTAN PAHALA. Oleh : M. Ali Chasan Umar. *
             ***
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
             ***
*Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA